LINE dan Naver Bergabung Bentuk Raksasa Manga dan Webtoon

Dhiany Nadya Utami
Rabu, 4 Juli 2018 | 14:22 WIB
Logo Line/Reuters-Toru Hanai
Logo Line/Reuters-Toru Hanai
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — LINE Corporation mencapai kesepakatan dengan Naver Webtoon untuk membentuk perusahaan baru bernama LINE Digital Frontier Corporation. Pembentukan perusahaan baru tersebut guna memperluas layanan bisnis Line di industri manga yakni LINE Manga.

Kesepakatan ini terdiri atas investasi modal dan kerjasama untuk meningkatkan layanan di bisnis komik digital LINE Manga dan LINE Comics. Adapun CEO Naver Webtoon Kim Jun Koo ditunjuk sebagai direktur perusahaan baru tersebut.

Representative Director dan CEO LINE Digital Frontier Corporation Takeshi Idezawa mengatakan kompetisi di industri komik baik secara lokal maupun internasional akan semakin ketat kendati LINE Manga telah tumbuh menjadi penyedia layanan komik digital terbesar di Jepang,

 “Kami akan terus berupaya untuk menjadi pemimpin di industri ini melalui kerja sama dan kesepakatan dengan Naver Webtoon yang memungkinkan kedua perusahaan untuk saling memanfaatkan keunggulan masing-masing serta mengembangkan industri ini lebih besar lagi,” katanya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Bisnis, Rabu (4/7/2018).

Sebagai langkah awal, LINE tahun ini berencana untuk mengintegrasikan XOY, situs manga dari Naver Webtoon, ke dalam LINE Manga. Situs manga yang menyajikan beragam tipe komik orisinal tersebut tercatat telah menarik sekitar 2,3 juta pembaca aktif setiap bulannya.

Lebih lanjut dia memaparkan melalui LINE Digital Frontier, LINE akan memperluas jangkauan layanan LINE Manga dan LINE Comics baik secara domestik maupun internasional. Strategi LINE untuk rencana ini meliputi amplifikasi judul-judul orisinal LINE, ekspansi berskala global, analisa pasar/konsumen, dan peningkatan antarmuka pengguna(UI)/pengalaman pengguna (UX) dengan berbasis konten, teknologi, dan sumber-sumber daya dari Naver Webtoon yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan LINE Manga di masa yang akan datang.

Tak hanya itu, LINE Manga pun berencana untuk merilis berbagai karya komik orisinal miliknya ke seluruh dunia dengan memanfaatkan jaringan global milik Naver Webtoon yang terdapat di Korea Selatan, Amerika Serikat, China, Taiwan, dan negara lainnya.

LINE Manga merupakan penyedia layanan komik digital untuk perangkat mobile terbesar di Jepang. Sejak diluncurkan pada April 2013 lalu Line Manga telah merilis sebanyak 250.000 judul yang berasal dari 250 penerbit dan mencapai lebih dari 19 juta unduhan.

Menyusul kesuksesan LINE Manga, LINE bersama Kodansha Ltd., SHOGAKUKAN Inc., MEDIA DO Co., Ltd. mendirikan LINE Book Distribution Corporation memulai layanan LINE Manga di Taiwan. Kemudian pada 2015 layanan ini mulai menerbitkan, mendistribusikan, dan menjual komik orisinal yang diproduksi oleh tim redaksi LINE Manga serta penerbit lain di bawah nama LINE Comics.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper