Tips dan Trik Memastikan Keamanan Akun Facebook

Dengan tindakan-tindakan sederhana, kita bisa lebih melindungi akun kita dari hal-hal yang tak diinginkan.
Dhiany Nadya Utami | 25 Juni 2018 16:03 WIB
Logo Facebook dalam bentuk 3 dimensi. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Kerap kali kita tak sadar media sosial bisa jadi ancaman untuk keamanan data pribadi sehingga sering lalai untuk melakukan langkah-langkah proteksi. Padahal hanya dengan tindakan-tindakan sederhana, kita bisa lebih melindungi akun kita dari hal-hal yang tak diinginkan.

Facebook membagikan beberapa tips dan trik untuk membuat penggunanya selalu waspada terhadap keamanan data mereka. Berikut di antaranya:

Pertama, tiap pengguna Facebook dapat menggunakan fitur Pemeriksaan Keamanan untuk melakukan peninjauan dan menambah keamanan akun. Ada beberapa fungsi dari fitur satu ini di antaranya membuat akun log out secara otomatis di browser dan aplikasi yang lama tak digunakan dan mendapatkan notifikasi saat ada seseorang yang mencoba masuk ke akun Anda dari perangkat yang tak dikenal.

Kedua, aktifkan fitur keamanan ekstra Facebook misalnya sistem autentikasi 2 faktor. Sistem ini memberikan keamanan berlapis setiap kali pengguna mencoba masuk ke akun Facebook menggunakan perangkat baru. Facebook akan mengirimkan notifikasi atau email dengan kode khusus untuk menyelesaikan proses masuk ke Facebook.

Baru-baru ini Facebook juga memperbarui fitur autentikasi 2 faktor miliknya. Kini saat pengguna megaktifkan sistem ini, Facebook akan memandu pengguna dan menawarkan pilihan untuk mendapatkan kode autentikasi misalnya lewat pesan teks atau aplikasi khusus autentikasi seperti Google Authenticator atau Duo Mobile.

Ketiga, cobalah untuk meninjau aplikasi apa saja yang terhubung dengan akun Facebook apalagi jika sering memilih opsi “Masuk dengan Facebook” saat menggunakan atau masuk ke aplikasi lain. Dengan cara ini pengguna dapat memastikan jika akun Facebook Anda hanya terhubung ke aplikasi-aplikasi yang tepercaya.

Cara meninjaunya cukup mudah, pengguna dapat mengunjungi halaman Pengaturan Aplikasi dan Website di Facebook untuk meninjau semua aplikasi yang telah terhubung. Jika menemukan beberapa aplikasi yang sudah tak digunakan lagi, maka pengguna dapat menghapus izin akses sehingga aplikasi tersebut tak lagi bisa mengakses akun Facebook terkait.

Keempat, cari tahu tentang Log Aktivitas yang telah dilakukan karena bisa saja pengguna tak sengaja mem-posting atau menyukai suatu unggahan. Log Aktivitas akan menampilkan semua aktivitas yang pengguna lakukan berdasarkan waktu terjadinya peristiwa.  Tak perlu khawatir karena hanya pemilik akun yang dapat melihat daftar aktivitas tersebut.

Adapun peristiwa yang disimpan termasuk posting-an yang disukai, posting-an yang dikomentari, permintaan teman, tempat yang disinggahi, tautan foto dari teman, dan lainnya. Ketuk tahun tertentu yang diinginkan untuk melompat langsung ke periode tersebut. Log Aktivitas ini dapat ditemukan di pojok kanan bawah foto sampul pengguna.

Tag : tips digital
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top