Pertumbuhan BTS Baru di Luar Jawa Mendominasi

Duwi Setiya Ariyanti
Minggu, 20 Mei 2018 | 23:18 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pertumbuhan base transceiver station (BTS) baru di luar Jawa terus mendominasi sejalan dengan upaya perluasan jaringan yang dilakukan operator seluler. 

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengembang Infrastruktur Menara Telekomunikasi (Aspimtel) Rakhmad Tunggal Afifuddin mengatakan  sebaran BTS wilayah seperti Kalimantan, Sulawesi dan wilayah Indonesia Timur akan tumbuh 25%. Sementara itu, untuk Sumatra masih akan tumbuh di kisaran 15% dan Jawa 2%.

Pertumbuhan di luar Jawa, katanya, memiliki potensi tertinggi karena penetrasinya yang masih rendah. Operator seluler, katanya, terus menjamah wilayah-wilayah baru di luar Jawa untuk memperluas jaringan.
"Hal ini sejalan dengan situasi market di mana kebutuhan layanan data dan internet semakin menjangkau wilayah-wilayah di luar pulau Jawa," katanya.

Dari sisi jumlah, dia menyebut penambahan jaringan 3G dan 4G bakal terus berlanjut. Sementara itu, untuk  2G tak akan lagi mengalami penambahan karena tren penggunaan pelayanan data dan internet. 

Tercatat, pada kuartal I/2018, beberapa operator menyelesaikan penambahan BTS yang beroperasi. Telkomsel memasang 6.944 BTS 4G baru pada Maret 2018 dengan total menjadi 167.649 unit BTS. 

Lalu, Indosat Ooredoo dengan tambahan 3.018 BTS menjadi 64.375 unit BTS. Terakhir, XL dengan tambahan 4.698 BTS sehingga pada kuartal I/2018 total BTS yang beroperasi sebanyak 105.792 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper