Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gandeng DanaLaut, KreditPro Salurkan Pembiayaan untuk Budidya Rumput Laut

Perusahaan teknologi finansial penyalur pinjaman KreditPro dan DanaLaut bekerja sama menyalurkan pembiayaan kepada petani rumput laut di Langgur, Maluku Tenggara.
N. Nuriman Jayabuana
N. Nuriman Jayabuana - Bisnis.com 10 April 2018  |  15:23 WIB
Petani rumput laut memeriksa tanaman rumput laut di Pantai Ujungnge, Bone, Sulawesi Selatan, Selasa (31/10). - ANTARA/Yusran Uccang
Petani rumput laut memeriksa tanaman rumput laut di Pantai Ujungnge, Bone, Sulawesi Selatan, Selasa (31/10). - ANTARA/Yusran Uccang

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan teknologi finansial penyalur pinjaman KreditPro dan DanaLaut bekerja sama menyalurkan pembiayaan kepada petani rumput laut di Langgur, Maluku Tenggara.

Chief Executive Officer KreditPro Heidi Bokau menyatakan terdapat petani rumput laut di Maluku Tenggara memiliki kebutuhan pinjaman untuk modal usaha yang cukup tunggu.

“Oleh karena itu KreditPro dan Dana Laut dalam hal ini menyalurkan dana penambahan modal kerja untuk 21 petani rumput laut di Langgur,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (10/4/2018).

Rumput laut atau lebih dikenal dengan sebutan seaweed merupakan salah satu sumber daya hayati yang sangat melimpah di perairan Indonesia. Meski demikian, pemanfaatan rumput laut di Indonesia, terutama untuk keperluan industri dan kesehatan masih belum optimal.

Berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan sekitar 80% produk rumput laut Indonesia di ekspor. Total produksi rumput laut tahun 2016 mencapai 11 juta ton dan sekitar 13 juta ton pada tahun 2017.

Heidi menuturkan bahwa kami mengharapkan dengan adanya kerja sama ini, kami bisa menjadikan Langgur sebagai salah satu sentra produksi rumput laut di Indonesia serta dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Maluku Tenggara khususnya di Langgur.

“KreditPro mempunyai visi untuk membantu memajukan perekomomian Indonesia dengan mendukung program-program UMKM karena sebagaimana kita ketahui bahwa UMKM merupakan penggerak roda ekonomi nasional,” tambahnya.

KreditPro merupakan salah satu anak usaha PT Digi Asia Bios yang fokus dalam menumbuhkan inklusi keuangan. KreditPro hadir untuk memberikan bantuan kepada UMKM yang membutuhkan pendanaan modal kerja maupun untuk kegiatan operasional.

Sementara, DanaLaut merupakan perusahaan yang menyediakan akses pembiayaan yang aman dan transparan sehingga pembudidaya bisa mendapatkan akses ke permodalan dengan mempertemukan petani rumput laut dengan para penyedia pinjaman.

DanaLaut juga memberikan penyuluhan edukasi dan pendampingan bagi para petani laut di dalam kegiatan tanam mereka untuk dapat memberikan hasil panen yang terbaik dan pengembalian modal yang teratur bagi para penyedia pinjaman.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm rumput laut
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top