Mastercard dan Facebook Gelar Ekosistem Pembayaran QR Code di Nigeria

N. Nuriman Jayabuana
Rabu, 21 Maret 2018 | 13:08 WIB
Ilustrasi pembayaran menggunakan QR Code dengan ponsel pintar/Flickr
Ilustrasi pembayaran menggunakan QR Code dengan ponsel pintar/Flickr
Bagikan

Mastercard Uji Coba Layanan Pembayaran Berbasis QR

JAKARTA—Mastercard bekerja sama dengan Facebook Messenger untuk menyediakan layanan pembayaran elektronik berbasis pemindaian kode QR bagi bisnis mikro.

Proyek bernama bot Masterpass QR itu mulai diuji coba di Nigeria untuk pembuatan rekening virtual dan menerima pembayaran berbasis kode quick response. Pelaksanaan program itu turut didukung Ecobank dan Zenith Bank.

Executive Vice President Digital Channels and Regions Mastercard Jorn Lamber menyatakan inisitif tersebut merupakan solusi untuk menyertakan lebih banyak usaha mikro ke dalam ekosistem ekonomi digital.

Menurut riset The Fletcher School dan Mastercard, perputaran dana yang terjadi di negara itu masih sangat bergantung kepada penggunaan tunai. Sebanyak 98% dari total dana yang berputar senilai US$301 miliar merupakan tunai.

“Setiap pemilik usaha senantiasa mencari cara untuk meningkatkan penjualan dan menarik pelanggan baru ke toko mereka. Dengan menawarkan pembayaran digital berbasis sistem QR, para pengecer kecil dapat mencapai tujuan tersebut dan meningkatkan loyalitas konsumen hanya dengan cara memanfaatkan ponsel yang sudah mereka miliki,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (20/3).

Masterpass QR membuka kanal perdagangan baru bagi pedagang kecil yang memungkinkan mereka memantau seluruh transaksi. “Kemajuan ini juga membuka pintu bagi alat dan produk keuangan lainnya, seperti pinjaman, untuk mendorong pertumbuhan bisnis yang lebih tinggi.”

Untuk memulainya, para pelaku usaha dapat mengirimkan permintaan kepada bot untuk mengaktifkan pembayaran dengan sistem QR, menerima persetujuan dari pihak bank, membuat akun rekening dan mulai menerima pembayaran digital secara cepat, mudah dan aman. Setelah proses pembuatan akun selesai, pemilik usaha dapat mencetak dan menampilkan kode QR di toko atau menyimpan kode tersebut di ponsel mereka.

Pelanggan kemudian dapat membayar dengan memindai kode tersebut melalui ponsel mereka atau memasukkan ID merchant yang terhubung dengan kode QR ke dalam fitur ponsel mereka.

Brand dan para pengembang di seluruh dunia kini mulai menggunakan aplikasi pengiriman pesan agar dapat terhubung dengan 1,3 miliar orang yang menggunakan Messenger setiap bulannya,” ujar Kahina Van Dyke, Director of Payments and Financial Services Partnerships, Facebook.

“Kami sangat gembira melihat Mastercard tengah mengembangkan sebuah layanan melalui platform Messenger yang dapat membantu para merchant berskala kecil menggunakan aplikasi pengiriman pesan dalam mengelola usaha mereka serta terhubung dengan para pelanggan.”

Diluncurkan pada tahun 2016, Masterpass QR memungkinkan setiap orang dengan berbagai tipe ponsel dapat menerima dan melakukan transaksi yang aman tanpa menggunakan uang tunai maupun kartu plastik.

Masterpass QR menghadirkan pilihan pembayaran yang lebih baik dan melengkapi investasi Mastercard di bidang pembayaran contactless guna menyediakan sebuah cara yang lebih cepat, aman dan terjangkau untuk menerima pembayaran bagi seluruh merchant – mulai dari para merchant yang memiliki jaringan internasional hingga pelaku usaha perorangan sampai dengan para pedagang kaki lima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper