Teknologi Baru Smartfren Setara 5G

Pandu Gumilar
Kamis, 8 Februari 2018 | 20:29 WIB
Smartfren Telecom/JIBI
Smartfren Telecom/JIBI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Smartfren Telecom Tbk. membangun teknologi Massive MIMO sebagai persiapan menuju teknologi 5G dalam 3 tahun mendatang.

Teknologi 5G diprediksi akan diadopsi secara massif pada 2021. Sebelum hal tersebut terlaksana, Smartfren mengaplikasikan teknologi yang hampir serupa yaitu Massive MIMO.

CTO Smartfren, Christian Daigneault mengatakan teknologi yang sedang dibangun adalah jembatan menuju teknologi 5G yang baru tersedia pada 2021. Namun, dia menginginkan agar sekarang pelanggan Smartfren menikmati pengalaman yang serupa dengan 5G.

"Secara teknologi, MIMO mengaplikasikan jaringan 5G ke jaringan 4G dan bisa dipakai di semua ponsel pintar," katanya.

Dari segi konektivitas dan kestabilan jaringan Internet, Massive MIMO katanya hampir mendekati dengan teknologi 5G. Dengan teknologi tersebut, Smartfren menjamjn tiap pengguna tidak akan merasakan latensi.

Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relations & Special Project Smartfren berharap dengan pembangunan infrastruktur tersebut dapat mendorong jumlah pelanggan Smartfren dua kali lipat.

Pada kuartal III/2017, jumlah pelanggan Smartfren sekitar 12 juta pelanggan. Target tahun ini, Smartfren menginginkan jumlah pelanggannya bertambah jadi 24 juta pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Pandu Gumilar
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper