Jack Ma Masuk Dunia Perfilman, Alibaba Akusisi Saham Jaringan Bioskop

N. Nuriman Jayabuana
Rabu, 7 Februari 2018 | 10:52 WIB
Alibaba/alibabagroup.com
Alibaba/alibabagroup.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Alibaba melebarkan sayap ke bisnis perfilman melalui pembelian saham perusahaan Wanda Film Ltd. Wanda Film merupakan perusahaan operator bioskop milik konglomerasi real estate China, Wang Jianlin.

Seperti dilansir Bloomberg, Alibaba menyepakati transaksi senilai US$1,2 miliar dengan dengan induk usaha Wanda Film, yaitu Dalian Wanda Group.

Dalian tetap menjadi pemegang saham mayoritas perusahaan Wanda Film dengan porsi kepemilikan sebesar 48,09% pada perusahaan itu. Raksasa e-commerce menjadi pemegang saham terbesar kedua Wanda Film dengan porsi kepemilikan sebesar 7,6%.

Wang Jianlin terus menjual asetnya di dalam Dalian Wanda Group untuk melunasi berbagai kewajiban utang. Grupnya tengah merampingkan berbagai usaha untuk mulai kembali berfokus pada bisnis real estate. Dalian juga berencana melepas bisnis Wanda Internet Technology Group lantaran menghadapi tekanan pembekakan utang dalam dua tahun terakhir.

Investasi Alibaba pada Wanda diperkirakan bakal meningkatkan peranan Jack Ma dalam industri perfilman China. China sebelumnya diprediksi berbagai kalangan dapat menyalip AS sebagai pasar terbesar industri perfilman dunia mulai 2020 mendatang.

Alibaba mulai menapaki bisnis perfilman sejak 2016 lalu tatkala membeli sebagian saham rumah produksi perfilman naungan Steven Spielberg, Amblin Partners. Keputusan Ma mengambil sebagian kepemilikan saham Amblin itu adalah untuk mempermudah proses produksi, pemasaran, dan distrbusi perfilman sineas China menembus pasar global.

Hanya saja, ambisi Jack Ma dalam bisnis perfilman mesti bersaing ketat dengan pesaingnya yang juga berasal dari kalangan perusahaan raksasa teknologi China. Sebab “Pony” Ma Huateng dari Tencent juga tengah gencar berinvestasi pada bisnis rumah produksi perfilman dan televisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper