Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Telkomsel Janjikan Streaming 4K Mulus di 2.300 MHz

Tujuan utama pembangunan infrastruktur di rentang frekuensi 2.300 MHz ialah penambahan kapasitas jaringan agar bisa terus meningkatkan pengalaman digital pelanggan Telkomsel.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 10 Januari 2018  |  12:45 WIB
Teknisi Telkomsel melakukan perawatan jaringan di salah satu menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Perkebunan Malabar, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/9). - JIBI/Rachman
Teknisi Telkomsel melakukan perawatan jaringan di salah satu menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Perkebunan Malabar, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/9). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)‎ menargetkan meningkatkan kepuasan pelanggan yang gemar mengakses layanan video streaming dengan jaringan 2.300 Mhz.

Vice President Technology and System Telkomsel, Indra Mardiatna, mengatakan tujuan utama pembangunan infrastruktur di rentang frekuensi 2.300 MHz ialah penambahan kapasitas jaringan agar bisa terus meningkatkan pengalaman digital pelanggan Telkomsel.

Salah satu kebutuhan pelanggan adalah mengakses pelayanan streaming video dengan kualitas yang lebih baik seperti video dengan resolusi 4K.

CEO Telkomsel Ririek Adriansyah menambahkan ada dua manfaat yang dapat dirasakan, baik untuk pelanggan layanannya ataupun perusahaan telekomunikasi tersebut dengan komersialisasi jaringan 2.300 Mhz.

"Untuk pelanggan akan dapat  menikmati layanan broadband dan layanan digital dengan kualitas dan kecepatan akses yang lebih baik. Dalam jangka panjang [bagi perusahaan], tambahan spektrum ini juga memungkinkan pelanggan menikmati layanan data terbaik kepada masyarakat secara kompetitif,” katanya.

Jaringan frekuensi 2.300 MHz bisa menampung kapasitas lebih besar dan kecepatan akses pita lebar mobile karena menggunakan teknologi Time Division Duplex (TDD).

Kemampuan tersebut menunjang kebutuhan pengguna dalam mengkonsumsi konten yang membutuhkan transfer data cepat seperti video streaming.

Rata-rata kecepatan transfer saat menonton video itu berkisar 6 Mbps. Dengan tambahan spektrum di 2.300 MHz kecepatan lalu lintas data di jaringan Telkomsel bisa bertambah dua kali lipat.

Indra mengatakan teknologi TDD secara umum berbeda dengan teknologi frequency divison duplex (FDD).

"Handset TDD band 40 adalah yang paling banyak di-support oleh ekosistem TDD. Sekitar 85% handset LTE pelanggan yang terhubung dengan jaringan Telkomsel sudah mendukung layanan berbasis TDD 2.300 MHz," terang Indra.

Ririek pun menambahkan sejak implementasi jaringan 2.300 Mhz dengan teknologi TDD hingga saat ini Telkomsel tidak mendapatkan kendala berarti dalam kinerjanya. Proses komersialisasi jaringan pun sudah mulai berjalan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel
Editor : Demis Rizky Gosta

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top