Ruangguru Ambisi Layani 52 Juta Siswa

Agne Yasa
Rabu, 25 Oktober 2017 | 06:26 WIB
Direktur Utama Ruangguru Adamas Belva Syah Devara dan Direktur Produk dan Kerjasama Ruangguru Muhamad Isman Usman
Direktur Utama Ruangguru Adamas Belva Syah Devara dan Direktur Produk dan Kerjasama Ruangguru Muhamad Isman Usman
Bagikan

JAKARTA — Ruangguru menargetkan 6 juta siswa pengguna layanan atau siswa pada 2017 dari total pasar yang diperkirakan mencapai 52 juta siswa.

Saat ini, platform penyedia layanan jasa dan konten pendidikan berbasis teknologi ini sudah memiliki 4 juta pengguna aplikasi dan situs web dan 3,8 juta pengguna lewat kemitraan Line Academy.

Co-founder dan CEO Ruangguru Belva Devara mengatakan pihaknya optimisis target  tambahan 2 juta pengguna dapat tercapai karena pertumbuhan pengguna Ruangguru pada 2017 sangat signifikan.

“Awal tahun hampir 1 juta, bulan lalu 3 juta, sebulan tambah 1 juta,” katanya di acara peluncuran produk Ruangbelajar di Jakarta, Selasa (24/10).

Belva mengatakan Ruangguru berambisi melayani 52 juta pengguna, sesuai dengan jumlah siswa di Indonesia. Momen mendekati ujian biasanya adalah periode dengan tinggan penambahan pengguna paling tinggi.

 “Siswa ada 52 juta, kami sudah ada kerja sama hampir dengan seluruh pemerintah daerah, jadi seharusnya 52 juta itu bisa, this is about time,” katanya.

Pihaknya mengklaim menjadi perusahaan rintisan teknologi pendidikan dengan pengguna dan kerja sama ekslusif paling banyak serta mengenal pasar sebagai pemain lokal.  Menurutnya, hal ini juga menjadi pendorong kenaikan jumlah pengguna. 

Sejauh ini, pihaknya mengalami pertumbuhan organik melalui startegi kemitraan dengan pemerintah daerah. Ruangguru telah menjalin kerja sama dengan 326 pemerintah kabupaten/kota dan 33 pemerintah provinsi untuk meningkatkan pendidikan di daerah.

“Kami ingin memperluas akses ke pendidikan berkualitas dengan teknologi,” katanya.

Dorong Kapasitas

Setelah mendapatkan pendanaan Seri B yang dipimpin oleh UOB Venture, Ruangguru saat ini melakukan beberapa perencanaan stategis untuk mengembangkan tim dan memperluas cakupan serta manfaat produknya.

“Fokusnya banyak, kami mau membuat teknologi jadi lebih baik,” kata Belva.

Dia menambahkan untuk itu saat ini, perusahaan memperkuat tim teknologi dengan banyak merekrut talenta seperti engineer, programmer, software developer, dan lainnya. Kemudian, memperkuat tim konten dan berinvestasi di marketing. Untuk marketing ini, pihaknya mengaku akan lebih banyak lagi dibandingkan sebelumnya.

Ruangguru menawarkan Sistem Manajemen Belajar sebagai upaya mendukung sistem pendidikan formal di Indonesia. Sistem Manajemen Belajar Ruangguru ini juga menyediakan panel dasbor dan data wawasan bagi pemerintah untuk mendukung pembuatan kebijakan berbasis data.

Ruangguru memiliki beberapa layanan belajar  yaitu jasa pencarian guru privat bernama Ruangles, jasa konsultasi belajar privat online yaitu Ruanglesonline, fasilitas tryout ujian yaitu Ruanguji dan grup belajar online se-Indonesia yaitu Ruangguru Digitalbootcamp, serta yang terbaru Ruangbelajar dan Ruangguru On-The-Go.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper