Tokopedia Gandeng YCAB Foundation Dorong Literasi Digital

Agne Yasa
Sabtu, 30 September 2017 | 08:37 WIB
Tokopedia/istimewa
Tokopedia/istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Tokopedia bersinergi dengan YCAB Foundation menghadirkan mobile learning center untuk mengedukasi pemanfaatan teknologi kepada anak-anak yang memiliki keterbatasan akses terhadap teknologi.

Mobil Belajar yang membawa beberapa pengajar dan 10 unit laptop ini akan berkeliling ke beberapa wilayah setiap Senin sampai Jumat, membuka kelas kecil dan mengajarkan cara mengoperasikan laptop.

Communications Lead Tokopedia, Siti Fauziah mengatakan mobil belajar merupakan bagian dari program karyawan Tokopedia yang disebut Nakama Berbagi Kasih untuk Indonesia atau Nakama Beraksi, dimana setiap karyawan diajak untuk meluangkan satu persen jam kerjanya untuk melakukan aksi sosial sesuai minat dan bakatnya masing-masing.

"Jadi nantinya, Nakama akan secara bergantian berkeliling bersama YCAB Foundation menggunakan Mobil Belajar tersebut untuk mengedukasi anak-anak cara menggunakan laptop dan aplikasi dasar seperti Microsoft Office," katanya melalui rilis yang diterima Bisnis, Jumat (29/9/2017).

Selain pengetahuan akan pemanfaatan teknologi, karyawan Tokopedia juga berbagi cerita dan pengalaman bekerja mereka di perusahaan teknologi.

“Selain pengetahuan teknis, kami juga berharap melalui inisiatif ini, anak-anak yang kami jangkau akan memiliki kemampuan dan pengetahuan yang nantinya bermanfaat di dunia kerja, serta memicu semangat belajar mereka agar siap menghadapi masa depan dan mencapai cita-cita besar,” jelasnya.

Sementara itu, Head of Development and Communications YCAB Foundation, Firza Imam Putra, mengatakan konsep Mobil Belajar telah dikembangkan YCAB Foundation sejak 2011. Menurutnya, ini terbukti efektif untuk memberikan akses pendidikan tentang teknologi di daerah sulit dijangkau.

"Para penerima manfaat juga akan diberikan sertifikat dari lembaga pendidikan ternama. Melalui Mobil Belajar, kami ingin menjangkau 210 anak muda selama 1 tahun. Tentunya ini juga merupakan kelanjutan kemitraan yang baik bersama Tokopedia, setelah program TopDonasiBebas dan TokopediaDonasi100,” katanya.

Adapun kegiatan Mobil Belajar kolaborasi antara Tokopedia dan Yayasan Cinta Anak Bangsa Foundation ini akan berjalan selama satu tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper