Diserang Wannacry, Data Pasien Harapan Kita dan Dharmais Aman

Sholahuddin Al Ayyubi
Minggu, 14 Mei 2017 | 13:38 WIB
Bagikan

‎Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan data rekam medis pasien Rumah Sakit (RS) Harapan Kita dan Dharmais‎ aman dan tidak bocor ke tangan pelaku peretasan.

Samuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Aptika) pada Kominfo mengemukakan ‎serangan yang dilakukan oleh kelompok peretas dengan menggunakan malware ransomware Wannacry tersebut hanya melakukan teror dengan mengunci data milik kedua RS tersebut. Namun, menurutnya, data tersebut tetap aman dan data rekam medis pasien tidak bocor ke tangan ketiga.

"Jadi data rekam medis pasien di sana tetap aman. Saat ini kami sedang melakukan beragam cara untuk mengatasinya," tuturnya kepada Bisnis di Jakarta, Minggu (14/5).

Dia menjelaskan salah satu alasan perusahaan bisa terserang malware yaitu karena menggunakan software bajakan pada saat melakukan instalasi di komputer. Menurutnya, malware dapat masuk ke sistem komputer suatu perusahaan atau RS pada saat software bajakan tersebut ter-install.

"Ini dia penyebabnya, makanya pakai yang original. Data ini penting dan tidak boleh bocor ke luar," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper