Elevania Hadirkan Fasilitas Edukasi Bagi Penjual

Agne Yasa
Jumat, 7 April 2017 | 19:39 WIB
Penjual menggunakan fasilitas Seller Zone di kantor elevania, Jakarta, Jumat (7/4)/istimewa
Penjual menggunakan fasilitas Seller Zone di kantor elevania, Jakarta, Jumat (7/4)/istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Elevania, pasar dalam jaringan (online marketplace), perusahaan patungan PT XL Axiata, Tbk. dan SK Planet dari Korea Selatan, menghadirkan fasilitas edukasi dan studio foto (Seller Zone) bagi para penjual yang tergabung dalam platform ini atau yang disebut mitra seller.

GM Seller Development Elevania Syahrivan mengungkapkan sejak didirikan tahun 2014, elevenia, sebagai e-commerce yang mengusung open market place, telah menyediakan fasilitas Seller Zone yang merupakan investasi edukasi yang bisa dimanfaatkan para mitra seller secara gratis.

"Seller Zone merupakan area fisik yang terdiri dari studio foto, zona editing, ruang meeting, dan ruang training," ujar Syahrivan di Jakarta pada Jumat (7/4/2017).

Dia memaparkan sejak akhir 2016 yang lalu, seiring dengan semakin berkembangnya penjualan dan jumlah seller di elevenia, e-commerce ini mengganti wajah area Seller Zone dengan area yang lebih luas, jumlah ruangan yang lebih banyak dan nuansa lebih atraktif dan menarik, untuk mendukung perkembangan para sellernya.

“Seller Zone menjadi ruang untuk tim elevenia bisa bertatap langsung dengan mitra seller. Semua fasilitas ini bisa digunakan sesuai jam operasional kantor. Mitra seller cukup melakukan pemesanan jadwal melalui Seller Office, yang dimiliki oleh setiap seller yang terdaftar di elevenia, jika mau menggunakan fasilitas ini," jelasnya.

Dia menambahkan pada Seller Zone yang baru ini, elevenia memperluas area training room dan mengubah desain ruangan menjadi teater style dan menambah jumlah ruangan meeting.

"Ini agar semakin banyak mitra seller yang bisa terakomodasi untuk melakukan training atau rapat,” ujarnya.

Syahrivan menambahkan bahwa dengan adanya fasilitas ini, elevenia berharap tujuan untuk mengedukasi pasar mengenai bisnis e-commerce bisa tercapai dan terus meningkat.

"Tentunya fasilitas ini pun diharapkan bisa menjadi daya tarik untuk siapa saja yang ingin berjualan online di elevenia namun masih ragu karena pengetahuan yang minim," ujarnya.

Syahrivan mengatakan Seller Zone dari elevania ini sebagai upaya edukasi pada penjual, selain mendekatkan diri ke pusat industri melalui workshop & seminar.

Bisnis online merupakan tren baru yang kini sedang bertumbuh pesat. Jumlah e-commerce pada medio 2016 di Indonesia mencapai 26,2 juta. Data Badan Pusat Statistik (BPS) dari sensus ekonomi 2016, dalam kurun waktu 10 tahun (2006 -2016), jumlah e-commerce di Indonesia meningkat sekitar 17%. Namun demikian, model bisnis ini masih memerlukan edukasi secara intensif ke market, karena masih banyak pelaku industri offline yang masih belum terjangkau oleh bisnis online.

PR Manager elevania Sarma Dahita Silalahi mengatakan elevenia telah memilik sebanyak 50.000 mitra seller, di mana mayoritas mitra seller baru mencicipi bisnis jualan online.

"Di sini, elevenia dengan senang hati memberikan pelatihan kepada mereka mengenai cara berjualan online, cara memberikan servis kepada buyer, mengambil foto produk dan membuat konten yang menarik. Training cara berjualan, selain bisa didapatkan di Seller Zone bisa didapatkan secara online melalui online training," paparnya.

Sarma menambahkan fasilitas yang dihadirkan juga termasuk ruang meeting dengan empat pilihan yang didesain berdasarkan tema kategori produk yang ada di elevenia.

"Untuk fasilitas studio foto, elevenia menyediakan fotografer profesional dan zona komputer yang bisa digunakan untuk memilih atau mengedit foto yang sudah diambil," katanya.

Dia menambahkan ada tiga studio yang disediakan, yakni studio untuk foto produk berukuran kecil, seperti aksesoris, tas, sepatu, produk kecantikan dan studio untuk produk yang berukuran besar dan yang memerlukan model, seperti produk fashion, furniture, dan lainnya. Adapun fasilitas ini dapat digunakan hingga 2 jam untuk setiap penjualnya. 

"Foto dan konten yang bagus menjadi salah satu magnet yang ampuh untuk menarik buyer berbelanja, diharapkan agar seller tidak bosan untuk tetap bermitra dengan elevenia dan senantiasa penuh semangat dalam berjualan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper