Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LAWAN HOAX: Pemblokiran Tidak Efektif, Pemerintah Alihkan Fokus Ke Edukasi

Pemerintah berencana meningkatkan fokus dalam mengedukasi masyarakat terkait masalah peredaran hoax dan berita palsu di dunia maya.
Bunga Citra Arum Nursyifani
Bunga Citra Arum Nursyifani - Bisnis.com 02 Februari 2017  |  10:38 WIB
LAWAN HOAX: Pemblokiran Tidak Efektif, Pemerintah Alihkan Fokus Ke Edukasi
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (tengah) mendengarkan pemaparan dari perwakilan Google Newslab Irene Jay Liu (kiri) dalam acara Newslab Training: Bagaimana Mengidentifikasi Berita Palsu, Verifikasi Konten di Ranah Internet?", Kamis (02/02/2017). - Bunga Citra Arum/Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah berencana meningkatkan fokus dalam mengedukasi masyarakat terkait masalah peredaran hoax dan berita palsu di dunia maya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pemerintah tidak akan fokus lagi di hilir masalah melalui tindakan seperti pemblokiran, melainkan lebih ke hulu.

"Kalau di hilir, tidak akan efektif, kita malah capek sendiri. Kami mau fokus di hulu, bikin masyarakat sehat dengan kegiatan seperti edukasi dan literasi, " ujarnya saat membuka acara Newslab Training: Bagaimana Mengidentifikasi Berita Palsu, Verifikasi Konten di Ranah Internet?, Kamis (2/2/2017).

Tentu saja, tambahnya, tindakan di hulu itu tidak akan dimaksudkan untuk mengintervensi komunitas maupun golongan manapun.

"Dengan edukasi dan literasi, informasi di internet akan disaring oleh berbagai lapisan masyarakat, " jelas Rudiantara

Selain itu, Rudiantara juga siap bekerjasama dengan komunitas pers di Indonesia untuk memberikan verifikasi terhadap media massa berbasis online yang layak dipercaya masyarakat. Menurutnya, dari sekitar 43.000 media online yang ada, kurang dari 300 diantarnya yang terverifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rudiantara hoax
Editor : Gita Arwana Cakti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top