Samsung & Oppo Kuasai Pasar Indonesia Kuartal II/2016

Thomas Mola
Rabu, 14 September 2016 | 18:25 WIB
Ponsel Oppo/Talkandroid
Ponsel Oppo/Talkandroid
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Samsung dan Oppo menjadi dua vendor penguasa pangsa pasar di Tanah Air pada kuartal II/2016. Samsung memimpin dengan mencuri 26% pangsa pasar, sementara Oppo menyusul dengan meraih 19%.

Riset yang dirilis International Data Corporation (IDC) baru-baru ini menyebutkan pengiriman ponsel di Indonesia pada kuartal II/2016 tumbuh 3% secara tahunan (y-o-y) atau tumbuh 22% jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Ramadhan menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan pengiriman ponsel.

"Samsung dan Oppo sangat aktif promosi di tingkat ritel. Oppo sukses karena pengaruh brand ambassador yang dikenal banyak orang," ujar Reza Haryo, Senior Market Analyst, Client Devices IDC seperti dikutip Bisnis.com, Rabu (14/9/2016).

Adapun, IDC mencatat pangsa pasar ponsel pintar Indonesia pada kuartal II/2016 terdiri atas Samsung 26%, Oppo 19%, Asus 9%, Advan 8%, Lenovo 6%, lainnya 32%.

IDC menyebutkan permintaan ponsel menguat di beberapa kota di luar Jakarta, seperti Denpasar, Makassar, dan Palembang. Selain promosi dari vendor, peningkatan gaya hidup mendorong peningkatan permintaan ponsel pada kisaran harga US$100<US$150.

Permintaan ponsel 4G tercatat paling tinggi sekitar 58% pengiriman ponsel. Ponsel 4G yang diaktifkan tercatat tumbuh 37% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Hal itu sejalan dengan ekspansi jaringan 4G yang dilakukan operator ke seluruh wilayah Indonesia. Vendor lokal juga agresif mengeluarkan produk 4G dengan harga yang terjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper