MOMEN RAMADAN: Operator Prediksi Trafik Layanan Data Melonjak di Indonesia Timur

Amri Nur Rahmat
Rabu, 1 Juni 2016 | 14:48 WIB
PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) telah selesai melakukan uji coba jaringan broadband dengan menggunakan drone yang terbang selama satu bulan di langit Indonesia dari barat hingga timur dan mendarat di Garuda Wisnu Kencana, Bali./ANTARA
PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) telah selesai melakukan uji coba jaringan broadband dengan menggunakan drone yang terbang selama satu bulan di langit Indonesia dari barat hingga timur dan mendarat di Garuda Wisnu Kencana, Bali./ANTARA
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Lalu lintas komunikasi layanan seluler di wilayah timur Indonesia diprediksi mengalami peningkatan di kisaran 20% hingga 30% sepanjang periode Ramadan mendatang.

Operator seluler memperkirakan layanan data bakal menjadi segmen dengan peningkatan trafik paling tinggi dibandingkan dengan layanan suara maupun pesan singkat berbasis seluler.

Supervisor Network Performance Optimization (NPO) Indosat Ooredoo Area Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sumapa), Andi Asri, mengatakan peningkatan trafik diperkirakan terjadi pada kota-kota utama di Sumapa, diantaranya Makassar yang bisa menyentuh lonjakan penggunaan layanan data hingga 30% dibandingkan dengan kondisi normal.

"Apalagi di Makassar itu kita sudah ada layanan 4G LTE, tentu ini dimanfaatkan maksimal oleh pelanggan dalam menggunakan layanan data Ooredoo," paparnya kepada Bisnis, Rabu (1/6/2016).

Secara umum, lanjutnya, lonjakan trafik layanan seluler di Area Sumapa hanya akan terkonsentrasi pada layanan data, serta layanan percakapan (voice) lantaran pengguna jasa cenderung lebih menggunakan dua pilihan tersebut.

Layanan voice diestimasi bisa meningkat 15% pada Ramadan dan Lebaran dibandingkan dengan hari biasa. Sementara itu, untuk layanan pesan singkat (short message service/SMS) justru diprediksi bakal menurun di kisaran 10% lantaran sebagian besar pelanggan menggunakan aplikasi chat yang memanfaatkan layanan data operator.

Khusus layanan data, kata Asri, Makassar menjadi kota di Area Sumapa dengan penggunaan layanan data paling tinggi dengan rerata harian mencapai 110 GigaByte per hari, sedangkan untuk voice mencapai 3.500 Erlang per hari serta SMS di kisaran 50.000 pesan setiap hari.

"Untuk wilayah Sumapa secara umum, untuk kondisi normal trafik kita sebenarnya hanya sekitar 60% dari total kapasitas jaringan. Sehingga jika ada lonjakan trafik hingga dua kali lipat, tentu masih dilyanai secara optimal," papar Asri.

Adapun jumlah pengguna jasa seluler Indosat Ooredoo di Area Sulawesi, Maluku dan Papua sejauh ini mencapai sekitar 1,6 juta pelanggan, di mana kontribusi keuntungan paling banyak adalah layanan voice, kemudian data serta SMS.

Sementara itu, operator seluler XL Axiata juga telah memantapkan kapasitas jaringan dalam menghjadapi potensi lonjakan trafik yang diprediksi bakal terjadi pada periode Ramadan mendatang.

General Manager Finance and Management Service North Region XL Axiata, Mozes Baottong, mengatakan peningkatan trafik di wilayah operasional perseroan bakal bertumpu pada layanan data yang diprediksi menyentuh angka 25% pada periode Ramadan.

"Kita sudah menambah kapasitas pada beberapa titik pada awal tahun ini sebenarnya. Sehingga jaringan kita masih sangat cukup untuk menghadapi lonjakan trafik sampai 30%," katanya kepada Bisnis.

Khusus untuk trafik layanan percakapan dan SMS diproyeksi stabil dibandingkan dengan kondisi normal kendati potensi peningkatan masih mampu naik di kisaran 15%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper