PONSEL PINTAR: Brand China Dorong Pertumbuhan Smartphone Global

Thomas Mola
Minggu, 22 Mei 2016 | 17:28 WIB
Brand China dorong pertumbuhan smartphone global./www.xiaomimalaysia.net
Brand China dorong pertumbuhan smartphone global./www.xiaomimalaysia.net
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Penjualan ponsel pintar global naik sebesar 3,9% pada kuartal 1/2016 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pendorong penjualan ialah migrasi ke jaringan 4G dan pertumbuhan penjualan vendor asal Tiongkok.

Gertner, sebuah lembaga riset teknologi, menyebutkan permintaan ponsel pintar murah di pasar negara berkembang yang didorong oleh adopsi 4G menjadi salah satu pendorong pertumbuhan.

"Di tengah perlambatan di mana vendor besar tumbuh terbatas, bran kelas menengah terus meningkat. Brand China menjadi brand utama di negara berkembang, " ujar Anshul Gupta, dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis, Minggu (22/5/2016).

Dia menyebutkan dua brand China pada tahun lalu telah masuk dalam top five dan mewakili 11% pangsa pasar. Pada kuartal I/2016, terdapat tiga brand China yakni Huawei, Oppo, dan Xiaomi yang memiliki pangsa hingga 17% dari pasar.

Oppo, jelasnya, memiliki pertumbuhan yang paling baik, di mana berhasil naik ke posisi keempat dengan pertumbuhan penjualan hingga 145%. Seperti Huawei dan Xiaomi, Oppo sangat kuat di China dan mencuri pangsa dari vendor lain seperti Lenovo, Samsung dan Yulong.

Huawei, jelasnya, masih kuat di Eropa, Amerika dan Afrika, sementara Xiaomi dan Oppo berkembang pesar penjualannya di pasar Asia Pasifik di mata tumbuh hingga 20% dan 199%.

Adapun, hingga kuartal I/2016, Samsung memimpin pangsa pasar dengan 23,2%, disusul Apple dengan 14,8%. Posisi ketiga ditempati Huawei dengan 8,3% disusul Oppo 4,6%, dan Xiaomi 4,3%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper