Ekspedisi Elang Nusa Telkomsel Mendarat di Bali

Agnes Savithri
Senin, 16 Mei 2016 | 01:23 WIB
PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) telah selesai melakukan uji coba jaringan broadband dengan menggunakan drone yang terbang selama satu bulan di langit Indonesia dari barat hingga timur dan mendarat di Garuda Wisnu Kencana, Bali./ANTARA
PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) telah selesai melakukan uji coba jaringan broadband dengan menggunakan drone yang terbang selama satu bulan di langit Indonesia dari barat hingga timur dan mendarat di Garuda Wisnu Kencana, Bali./ANTARA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) telah selesai melakukan uji coba jaringan broadband dengan menggunakan drone yang terbang selama satu bulan di langit Indonesia dari barat hingga timur dan mendarat di Garuda Wisnu Kencana, Bali.

Ekspedisi Langit Nusantara ini mencatatkan kecepatan rata-rata akses data untuk download 19,7Mbps dan upload di angka 9,6Mbps.

Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi mengatakan ekspedisi ini merupakan salah satu bentuk uji coba kecepatan broadband di jaringan pihaknya.

“Selain itu, menunjukkan luasnya sebaran jaringan broadband kami yang hadir di berbagai lokasi bersamaan dengan keindahan langit nusantara,” ujarnya Minggu (15/5/2016).

Tayangan video streaming ini telah disaksikan sekitar 75 juta menit, dengan lebih dari 24 juta kali view. Dalam perjalanannya di udara sejauh 8.500 km, Elang Barat dan Timur menunjukkan aktifiktas lain dengan memanfaatkan layanan broadband.

Selain itu diadakan pula seminar seputar pemanfaatan teknologi digital untuk pengembangan sektor UKM, pariwisata dan kreatif, yang melibatkan pemangku kepentingan setempat, termasuk pemerintah daerah.   

“Dengan semakin terhubungnya masyarakat Indonesia, maka kehadiran layanan broadband ini diharapkan dapat mendorong produktivitas masyarakat di berbagai daerah, seperti dalam aspek sosial, ekonomi, pariwisata, industri kreatif dan lainnya”, papar Sukardi.

Sebelumnya, operator seluler plat merah ini menerbangkan dua buah drone berjenis Unmanned Aerial Vehicle (UAV) berukuran besar.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah ekspedisi tersebut merupakan ekspedisi pertama yang menggunakan drone untuk melakukan uji cba layanan broadband.

“Dengan adanya drone dan jaringan broadband tersebut masyarakat bisa melihat keindahan Indonesia dari udara melalui video streaming,” ujarnya.

Dalam ekspedisi ini dua buah drone berukuran besar dengan bentangan sayap hingga 2,5 m akan diterbangkan secara bersamaan, menempuh Jalur Barat (Elang Barat) dan Jalur Timur (Elang Timur) Indonesia sepanjang 8500 km.

Elang Barat akan memulai perjalanan dari Sabang dan akan menempuh beberapa kota diantaranya Medan, Palembang, Tasikmalaya, Yogyakarta dan Malang. Sementara Elang Timur, akan berangkat dari Merauke dan bergerak melewati Sorong, Ambon, Manado, Banjarmasin, Makassar, dan Labuan Bajo. Di akhir perjalanan kedua drone bertemu dan mendarat di Garuda Wisnu Kencana, Bali.

Ririek menambahkan pihaknya memilih Sabang dan Merauke yang berada di ujung Timur dan ujung Barat Indonesia sebagai titik awal ekspedisi ini. Di sisi lain, Elang Nusa juga menjadi bagian dari uji jaringan broadband baik 4G maupun 3G.

Seperti diketahui, layanan data di operator seluler plat merah ini naik sekitar 110% selama 2015, seiring dengan meningkatnya pertumbuhan penggunaan smartphone serta hadirnya berbagai aplikasi digital. Saat ini jumlah pelanggan data Telkomsel mencapai 74 juta atau sekitar 50% dari total pelanggan, dan didukung oleh pertumbuhan penggunaan smartphone di jaringan yang sama sebesar 60%.

Ririek menjelaskan kehadiran mobile broadband akan membuat masyarakat di Indonesia terhubung satu sama lain.

“Selain itu masyarakat akan menjadi bagian dari global society yang tidak terbatas sehingga diharapkan dapat mendorong produktivitas masyarakat dan pembangunan di berbagai aspek seperti dari sisi ekonomi, pariwisata, industri kreatif, dan lainnya,” tutup Ririek.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agnes Savithri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper