LIPI dan Swiss German University Gelar Dialog Interaktif

Amanda Kusumawardhani
Selasa, 19 April 2016 | 11:00 WIB
Lemba Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)/Antara
Lemba Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)/Antara
Bagikan

Bisnis.com, TANGSEL - Pusat Penelitian Standar Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP) LIPI bersama Swiss German University (SGU) menggelar dialog interaktif untuk meningkatkan penggunaan hasil penelitian elektromedik.

Pasalnya, berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada 2014 menunjukkan lebih dari 80% bahan dan peralatan medis masih diproduksi di luar negeri.

"Dialog ini bertujuan mempertemukan akademisi, bisnis, dan pemerintah sehingga mampu mengangkat kemandirian di bidang pelayanan alat kesehatan," kata Kepala P2SMTP Harry Arjadi di BSD City, Selasa (19/4/2016).

Lebih lanjut, dirinya mengharapkan dialog interaktif ini dapat memacu kerja sama penelitian antara perguruan tinggi, lembaga riset, dan pemerintah daerah.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) Kemenko Perekonomian Rudy Salahudin menjelaskan bahwa pemerintah terus berupata untuk mendorong pengembangan industri nasional.

Salah satunya melalui strategi perencanaan pengembangan industri kesehatan untuk mendukung produk lokal. "Ini bisa dilakukan dengan pengembangan riset terpadu dalam sebuah pusat dan taman riset [science techno park]," tambahnya. ()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper