Perbandingan Layar IPhohe vs Samsung Galaxy

Gombang Nan Cengka
Sabtu, 2 April 2016 | 23:50 WIB
Iphone vs Samsung Galaxy.
Iphone vs Samsung Galaxy.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Layar adalah salah satu komponen terpenting pada ponsel pintar modern. Kiranya akan menarik melihat bagaimana pembuat ponsel terkemuka memilih layar yang dianggap cocok buat produknya, terutama produk unggulan.

Mari kita lihat pilihan yang diambil dua pembuat ponsel terkemuka di dunia, Apple dan Samsung.

• Apple

Pada saat ini Apple menawarkan tiga model ponsel pintar terbaru: iPhone 6S, 6S Plus, dan yang paling baru adalah iPhone SE. Perbedaan terpenting ketiga ponsel ini adalah layarnya.

Spesifikasi perangkat keras lain, serta sistem operasi yang digunakan, tidak memiliki perbedaan mencolok. Buat pencinta model phablet, alias ponsel berlayar besar, iPhone 6S Plus merupakan salah satu pilihan yang tidak bisa diabaikan.

Ponsel ini menawarkan tidak hanya ukuran layar yang paling besar dari Apple saat ini (5,5 inci), tetapi juga resolusi tertinggi (1920x1080 piksel atau Full HD). Kerapatan piksel layar adalah 401 ppi. Selain resolusi layar yang unggul dibandingkan model terdahulu, iPhone 6S Plus juga dilengkapi dengan kamera dengan fitur stabilisasi optik.

Ini memastikan kualitas foto yang lebih baik, dan menghindari blur. Bila Anda lebih memilih ukuran ponsel yang sedang-sedang saja, iPhone 6S dengan besar layar 4,7 inci mungkin lebih cocok.

Seiring menciutnya ukuran layar, resolusinya juga berkurang: layar ponsel ini hanya memiliki resolusi 1334 x 750 piksel. Kerapatan piksel juga menurun (326 ppi). Terakhir, iPhone SE yang baru diluncurkan pada Maret lalu memberikan alternatif buat pecinta iPhone yang rindu desain ponsel generasi sebelumnya.

Ini berarti tidak hanya penampakan luar, tetapi juga ukurannya: ponsel ini memiliki layar 4 inci saja, dengan resolusi 1136x640 piksel. Namun penu runan resolusi ini sebanding dengan penurunan ukurannya, sehingga kerapatan piksel yang didapat tetap 326 ppi.

Seperti sebelumnya semua model iPhone ini menggunakan teknologi IPS LCD. Beberapa situs berita melaporkan bahwa terdapat perbedaan kualitas pada iPhone SE dibandingkan saudara-saudaranya, yaitu pada kontras warna layar. Apple iPhone SE memiliki rasio kontras 800:1, lebih kecil dibandingkan iPhone 6S (1400:1). Ini berarti warna hitam pada iPhone 6S akan tampak lebih pekat.

• Samsung Galaxy

Samsung menawarkan terdapat beberapa model ponsel yang tergolong sebagai unggulan, di antaranya adalah Galaxy S7, S7 Edge dan Galaxy Note5. Tidak seperti model-model Apple, ukuran layar yang ditawarkan Samsung relatif besar.

Samsung juga tidak puas dengan resolusi Full HD, dan ketiga model ponsel unggulannya ini menggunakan layar dengan resolusi QHD (1440 x 2560 piksel).

Semua model ponsel unggulan ini juga menggunakan teknologi AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode), yang memberikan kontras warna dan lebih hemat energi dibandingkan teknologi kristal cair (LCD).

Meskipun ketiga ponsel unggulan Samsung ini memiliki resolusi layar yang sama, terdapat beberapa variasi yang perlu diperhatikan. Salah satu yang terpenting adalah ukurannya: Galaxy Note5 masih meneruskan tradisi pendahulunya sebagai ponsel paling besar yang ditawarkan Samsung, dengan ukuran layar 5,7 inci (518 ppi).

Galaxy S7 lebih ditujukan untuk pengguna mainstream, namun masih memiliki ukuran cukup besar (5,1 inci). Galaxy S7 Edge merupakan variasi yang menarik, karena menawarkan desain layar yang berbeda.

Bila layar pada ponsel lain hanya berbentuk bidang datar persegi, pada Galaxy S7 Edge ini layarnya melekuk di kedua sisi, mengambil ruang yang biasanya ditempati bingkai (bezel) layar. Ini memberikan ‘layar’ tambahan pada bodi samping telepon. Dengan ukuran layar yang lebih besar dibandingkan edisi reguler (5,5 inci, 534 ppi), ponsel ini sedikit lebih berat.

Namun Samsung mampu membuat bodinya menjadi lebih tipis. Selain ukurannya yang lebih besar, desain Samsung Galaxy Note5 pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan ponsel biasanya. Alasan buat calon pembeli model ini mungkin adalah dukungan khusus terhadap pemakaian stylus (yang disertakan sejak model awal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (3/4/2016)
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper