Youtube Siap Beri Bantuan Hukum untuk Penggunanya

Yustinus Andri DP
Sabtu, 21 November 2015 | 15:17 WIB
ilustrasi/www.metalinjection.net
ilustrasi/www.metalinjection.net
Bagikan

Bisnis.com, CALIFORNIA-- Youtube berencana memberi perlindungan hukum bagi para penggunannya, apabila terjadi ketidaksengajaan dalam mengunggah ataupun mengunduh konten pada portal video ini.

Selama ini, menurut pejabat Youtube, banyak sekali kasus para pengguna website ini yang tejerat kasus Digital Millenium Copyright Act (DMCA) atas ketidak sengajaannya.

Rata-rata para pengguna terjerat kasus ini, karena mengunggah video yang tanpa sengaja menampilkan latar suara atau tampilan berupa siaran televisi, film atau lagu dari seorang penyayi.

Mereka terjerat hukum hak siar dan juga royalti dalam penggunaan konten dari televisi, film atau lagu yang tanpa sengaja terekam. Para pengguna juga dapat terjerat kasus tuduhan pembajakan konten tersebut.

Akibatnya, para pengunggah video tersebut harus bermasalah secara hukum dan dipaksa untuk mencabut atau menghapus konten yang telah diunggah tersebut.

“Para pengunggah otomatis akan terganggu dan terintimidasi akibat tindakan yang memang tidak sengaja dilakukan, dan tahu-tahu disomasi DMCA,” kata pejabat Youtube, sperti dilansir dari Ubergizmo, Sabtu (21/11/2015).

Untuk itu, pihak Youtube telah menganggarkan dana untuk memberi bantuan hukum kepada para penggunannya apabila tejerat kasus DCMA. Hal ini juga dilakukan untuk melindungi keberlangsungan minat mengunggah dan mengunduh video dari portal Youtube.

Namun demikian, pihak Youtube tidak bisa menjamin seluruh pengunggah akan mendapat bantuan hukum darinya. Pasalnya, dengan jumlah pengguna yang mencapai jutaan orang dan tersebar diseluruh dunia, akan sangat sulit bagi Youtube untuk memantau secara detil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Nancy Junita
Sumber : Ubergizmo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper