50 Teknologi Inovasi Dipamerkan di Mal

Yulianisa Sulistyoningrum
Jumat, 20 November 2015 | 11:57 WIB
Pameran teknologi digelar di Grand Indonesia./.
Pameran teknologi digelar di Grand Indonesia./.
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA - Sebanyak 50 teknologi inovasi pemula dipamerkan kepada masyarakat di satu pusat perbelanjaan besar di Jakarta. Pameran ini merupakan upaya hilirisasi hasil penelitian dan pengembangan kepada masyarakat.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir mengatakan, kegiatan pameran ini merupakan upaya penguatan inovasi dari perguruan tinggi dan lembaga litbang.

"Dalam upaya hilirisasi tidak mudah, sebab produk yang dihasilkan harus bisa langsung digunakan masyarakat sehingga memberi manfaat bagi masyarakat, dunia usaha dan industri," katanya dalam pembukaan pameran Innovations & Innovators Expo 2015 di Grand Indonesia.

Pameran tersebut digelar di Grand Indonesia Spotex hall level 3A East Mall, 19-22 November 2015.

Dikesempatan yang sama, Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Jumain Appe menambahkan pemilihan pusat perbelanjaan menjadi lokasi pameran agar mendekatkan hasil penelitian dan pengembangan serta inovasi tersebut kepada masyarakat.

Menurutnya, inovasi harus terus didukung agar berkelanjutan.

"Terlebih kita akan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) sehingga butuh persiapan menghadapinya. Kalau tidak kita akan kebanjiran produk-produk asing," ucapnya.

Menurun Jumain, terselenggaranya pameran ini merupakan hasil dari penggalakan program "Hilirisasi Inovasi", yang menyadari akan perlunya "intermediasi" dan "inkubasi bisnis" untuk mendorong hasil riset berbasis teknologi menjadi inovasi.

"Dalam program ini, banyak inovasi yang sudah dikembangkan dan bisa sukses. Kita ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa yang dilakukan mereka benar-benar bisa mendorong perekonomian nasional, serta melahirkan usahawan berbasis teknologi yang dapat meningkatkan daya saing," pungkas Jumain.

Pagelaran pameran itu akan ditampilkan 50 peserta inkubasi bisnis Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi seperti pakan instan untuk penggemukan domba dan kambing, formulasi pestisida hayati kompleks, hybrid smart controller, Gajah Mada Early Warning System dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper