Dubes Australia ke Surabaya, Lirik Potensi Industri Kreatif

Deliana Pradhita Sari
Rabu, 30 September 2015 | 17:21 WIB
Battle of Surabaya/infofilm21.com
Battle of Surabaya/infofilm21.com
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Australia melirik investasi baru bidang industri kreatif di Ibu Kota Jawa Timur, Surabaya, terutama yang berbasis perfilman, desain, dan teknologi informatika (TI).

Dalam kunjungannya ke Surabaya, Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson mengatakan pihaknya akan fokus pada pengembangan industri kreatif yang dipusatkan di Kota Pahlawan.

Menurutnya, langkah investasi di Surabaya sedikit berbeda dengan metode investasi di kota lainnya. Di kawasan lain, Australia menggiatkan kerja sama bisnis di bidang peternakan yaitu sapi dan agribisnis berupa gandum dan gula.

"Industri kreatif adalah industri yang baru bagi kami. Namun kesempatannya sangat besar, terutama di Kota Surabaya," tuturnya di Surabaya, Rabu (30/9/2015).

Dengan begitu, lanjutnya, jalinan bisnis antara Australia dan Indonesia tidak melulu berkaitan dengan sektor perdagangan. Ke depannya, industri kreatif akan menelurkan film-film animasi yang berkualitas.

"Pertumbuhan industri teknologi informatika dan piranti perangkat lunak [software] akan menopang pertumbuhan ekonomi Surabaya di masa mendatang," tutur mantan Duta Besar untuk Thailand dan Myanmar itu.

Pihaknya sedang berupaya mencari mitra bisnis yang sesuai untuk menggeber kemajuan industri kreatif. Oleh karena itu, pihak kedutaan akan mengunjungi para pebisnis yang tergabung dalam Indonesian-Australian Business Council Chapter Surabaya untuk mendiskusikan penanam modal di sektor kreatif.

Hal ini ditunjang dengan pertemuan alumni pelajar asal Surabaya yang pernah mengemban pendidikan di Australia. Beberapa di antaranya merupakan lulusan universitas andalan di Australia dari jurusan teknologi informatika, desain maupun perfilman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper