PIMFI 2015, Mahasiswa Farmasi Didorong Inovasi Obat Sendiri

Newswire
Selasa, 11 Agustus 2015 | 15:50 WIB
Mahasiswa sedang melakukan riset. /uinjkt
Mahasiswa sedang melakukan riset. /uinjkt
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Kreativitas dan inovasi mahasiswa farmasi Indonesia sangat dibutuhkan saat ini guna menciptakan kekayaan dan variasi produk di bidang kesehatan, estetika, hingga pangan.

"Dunia farmasi di Indonesia kerap disibukkan oleh masalah distribusi obat-obatan, sehingga lupa memerhatikan inovasi dan terobosan di bidang teknologi obat itu sendiri," kata Ketua Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (PIMFI) 2015, Hilmi Abdullah di Universitas Padjajaran, Sumedang, Selasa (11/8/2015).

Ia menyatakan fenomena itu yang mendasari Fakultas Farmasi Unpad sebagai tuan rumah penyelenggara PIMFI mengajak mahasiswa farmasi seluruh Indonesia untuk berinovasi menciptakan suatu produk dengan memanfaatkan sumber daya sekitar.

"Kita membebaskan para peserta lomba inovasi produk berkreasi di bidang obat-obatan, kosmetik, maupun pangan," katanya.

Peserta lomba inovasi produk berasal dari sejumlah universitas negeri di Indonesia yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya, dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Mereka melakukan terobosan produk mulai dari pangan hingga kosmetik.

"Kami membuat krim berbahan dasar temulawak dan kayu sencang sebagai tabir surya yang dapat mencegah kanker kulit ," kata Nur, peserta lomba asal UGM.

Nur mengatakan timnya masih akan berupaya melakukan sejumlah peyempurnaan agar krim dapat disimpan dengan lebih tahan lama.

Sementara itu, peserta lain menciptakan produk berupa penganan bar jahe merah kaya antioksidan, obat alternatif untuk osteoarthritis yang bersifat anti-inflamasi, hingga jeli herbal penangkal radikal bebas.

"Kami harap pemerintah dapat bekerjasama untuk membantu mengembangkan penelitian kami hingga pemasaran produk," kata ujar peserta lomba dari UGM pengembang jeli herbal, Imroatus Solihah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper