Telkomsel Luncurkan Jaringan 4G Long Term Evolution di Pamasuka

Nadya Kurnia
Rabu, 24 Juni 2015 | 23:30 WIB
Pemeliharaan jaringan 4G. /JIBI-Dwi Prasetya
Pemeliharaan jaringan 4G. /JIBI-Dwi Prasetya
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN —Telkomsel Area Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan (Pamasuka) akan melaunching jaringan 4G Long Term Evolution di area prioritas kawasan tersebut, yakni Makassar, pada Juli mendatang.

General Manager ICT Operation Telkomsel Region Kalimantan Ardhiono Trilaksono mengatakan pilihan prioritas ini berdasarkan jumlah pelanggan di seluruh wilayah Pamasuka yang memang didominasi oleh Makassar.

“Bagaimana kami menyiapkan perangkat di masing-masing wilayah di Pamasuka nanti lihat dulu dari tes pasar di Makassar, kalau di sana oke nanti wilayah lain akan menyusul,” tutur Ardhiono kepada wartawan, Rabu (24/6/2015).

Dia menyatakan sebelum menerapkan jaringan 4G LTE, Telkomsel harus terlebih dahulu menjalani persyaratan administrasi berupa uji layak operasional. Pengujian layak operasional ini akan dilakukan pekan depan dan dilakukan di Makassar.

“Setelah lolos uji layak operasional, baru akan launching jaringannya pada 6 Juli mendatang. Semua uji coba terkait jaringan 4G akan dilakukan di Makassar terlebih dahulu,” sambungnya.

Menurutnya jaringan 4G LTE ini mampu memberikan akses internet dengan kecepatan antara 73 Mbps hingga 100 Mbps. Sementara saat ini kecepatan jaringan 3G Telkomsel mampu memberikan kecepatan akses hingga 42 Mbps.

Dengan penyediaan perangkat jaringan yang mampu memberikan akses internet secepat itu, Telkomsel menggunakan prinsip prioritas dengan pertimbangan banyaknya jumlah pelanggan di suatu area dalam pemasangan perangkat jaringan 4G di wilayah Pamasuka.

“Kalau pelanggan sudah cukup dengan 3G, untuk apa diupgrade ke 4G? Penggunaan jaringan 4G juga harus dengan perangkat handset yang berbeda. Dari evaluasi terakhir, handset yang bisa menerima 4G itu iOS, Android belum bisa. Simcard juga nanti beda,” ungkap Ardhiono.

Sementara itu untuk area Kalimantan, Ardhiono belum dapat memastikan kapan pemasangan jaringan 4G dapat dilakukan. Namun, dia memastikan saat ini Telkomsel tengah mempersiapkan perangkat jaringan 4G di area tersebut.

“Kami belum dapat pastikan kapan persiapan perangkat jaringan ini selesai. Yang jelas pemasangan jaringan 4G di area Pamasuka kami harus lihat dulu hasil dari tes pasar di Makassar karena jumlah pelanggan di sana lebih besar,” tambahnya.

Saat ini Telkomsel memiliki total 7.700 base transceiver station (BTS) yang tersebar di seluruh area Kalimantan, 3.300 unit diantaranya merupakan BTS jaringan 3G, dan sisanya merupakan BTS jaringan 2G.

Sementara itu jumlah pelanggan Telkomsel di area Kalimantan hingga saat ini telah mencapai 10,3 juta pelanggan, 2,6 juta pelanggan di antara merupakan pelanggan paket data.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper