Pasca-Akuisisi Axioo, Erajaya Siap Buka Pabrik Perakitan Handset

Anissa Margrit
Kamis, 7 Mei 2015 | 17:14 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Erajaya Swasembada Tbk. akan membuka pabrik perakitan handset pada Juli 2015 menyusul akuisisi saham PT Axioo International Indonesia senilai Rp5,1 miliar pada akhir bulan lalu.

CEO Erajaya Swasembada (ERAA) Hasan Aula mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan fasilitas perakitan yang berlokasi di Pulo Gadung, Jakarta. Untuk tahap awal, pabrik tersebut akan memproduksi 100.000 unit handset per bulan. 

Sayangnya, ERAA enggan menyebutkan nilai investasi ekspansi bisnis ini dan merek-merek apa saja yang akan dirakit.

“Yang pasti Venera, karena itu merek kami sendiri. Tidak tertutup kemungkinan ada brand lain sebab kami ingin jadi added value dan bantu merek yang tidak punya fasilitas di sini. Ada beberapa merek yang sedang dalam pembicaraan dengan kami,” paparnya, Kamis (7/5/2015).

Selain sebagai pendorong pertumbuhan kinerja dalam jangka panjang, pabrik tersebut juga terkait dengan peraturan pemerintah tentang tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

Selama ini, merek Venera dirakit di fasilitas milik PT Sat Nusapersada Tbk. (PTSN) yang berlokasi di Batam. Kendati sudah mempunyai pabrik sendiri, Hasan menyatakan pihaknya tidak akan serta merta menghentikan kerja sama dengan PTSN.

"Nanti kami review kembali," tukasnya.

Di sisi belanja modal, perseroan mengalokasikan dana Rp100 miliar tahun ini. Capital expenditure (capex) tersebut bakal dipakai untuk membuka 55 gerai baru di seluruh Indonesia, dan tidak termasuk kebutuhan pabrik perakitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Anissa Margrit
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper