Mengendalikan Setelan Android via Perintah Suara

Gombang Nan Cengka
Jumat, 27 Februari 2015 | 15:37 WIB
Ilustrasi/Jibi
Ilustrasi/Jibi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ponsel pintar Android sudah lama bisa menerima masukan suara. Aplikasi Google Translate, misalnya bisa digunakan untuk menerjemahkan percakapan, dan Google Now menerima berbagai perintah suara buat berbagai fiturnya.

Masukan suara ini terutama berguna bila kita menggunakan peranti Android tanpa harus menyentuhnya.

Pada Android terbaru, versi 5 (Lollipop) kita juga bisa mengatur beberapa setelan tambahan lewat perintah suara. Bila Anda kebetulan sudah memiliki ponsel Android Lollipop,

Anda mungkin bisa mencobanya. Semua perintah ini harus diawali kata-kata "Ok Google". Pada saat ini perintah yang diterima baru dalam bahasa Inggris.

1. Menghidupkan/mematikan senter

Kebanyakan ponsel pintar Android sudah dilengkapi dengan lampu blitz. Lampu ini biasanya digunakan buat kamera, tapi juga bisa merangkap sebagai senter. Pada Lollipop menghidupkan senter ini bisa dilakukan dari panel notifikasi.

Namun, ada cara yang lebih praktis, terutama bila Anda berada dalam gelap. Ucapkan "turn on flashlight" untuk menghidupkan senter. Peranti Android akan menyalakan senter secara otomatis. Untuk mematikannya lagi, Anda bisa mengakses panel notifikasi atau memerintahkan lewat suara lagi: "turn off flashlight"

2. Menghidupkan/mematikan wi-fi

Sambungan Wi-Fi umumnya dibiarkan hidup setiap saat, agar ponsel bisa terhubung otomatis ke koneksi nirkabel yang sudah disetel sebelumnya. Namun dengan alasan penghematan baterai Anda mungkin ingin mematikannya bila dalam perjalanan. Sekali lagi, kita bisa mematikannya dari menu setelan (setting), namun perintah suara juga dipatuhi: "turn off wi-fi". Buat menghidupkannya kembali, perintahkan "turn on wi-fi".

3. Menghidupkan/mematikan Bluetooth

Berbeda dengan Wi-Fi, kita biasanya membiarkan koneksi Bluetooth tetap mati. Bila Anda ingin menghidupkannya, gunakan perintah suara "turn on Bluetooth". Perintah "turn off Bluetooth" akan memutuskannya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : Engadget
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper