ANDROID ONE GOOGLE: Nexian, Evercoss, Mito Harga sampai Rp1,5 Juta & Spesifikasi

Feni Freycinetia Fitriani & Sutan Eries Adlin
Kamis, 5 Februari 2015 | 12:37 WIB
Android One yang dipelopori Google sudah hadir di tiga ponsel yaitu Nexian, Evercoss dan Mito dengan harga di kisaran Rp1,5 juta/Reuters
Android One yang dipelopori Google sudah hadir di tiga ponsel yaitu Nexian, Evercoss dan Mito dengan harga di kisaran Rp1,5 juta/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ponsel pintar yang masuk dalam Android One sudah diluncurkan. Harga smartphone terobosan Google itu disebut-sebut dijual mulai dari di bawah Rp1 juta sampai dengan Rp1,5 juta. Tiga produsen yang menjadi rekanan Google adalah Evercoss, Mito dan Nexian.

Indonesia menjadi negara kelima yang merasakan Android One, sebuah inisiatif global Google untuk memberikan kesempatan setiap orang merasakan ponsel pintar berkualitas tinggi, setelah India, Bangladesh, Nepal dan Sri Lanka.

"Indonesia bakal menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang merasakan Android One setelah pertama kali diluncurkan di India pada September 2014," kata Wakil Presiden Pengembangan Produk Android Google, Caesar Sengupta, dalam sebuah sesi temu media di kantor Google Indonesia, Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Harga yang terjangkau menjadi salah satu perhatian utama Google yang oleh tiap rekanan dibanderol dengan harga kisaran Rp1,4 juta.

Akan tetapi penawaran menarik utama yang bakal menjadi unggulan bagi ponsel-ponsel Android One adalah penggunaan sistem operasi terbaru mereka, Android 5.1 Lolipop, dan secara otomatis akan terbarukan setiap ada pembaruan lagi selama 2 tahun mendatang.

Sengupta menuturkan Android One adalah sebuah terobosan Google untuk mengatasi tiga masalah utama keterhubungan orang-orang dengan Internet, yakni perangkat, software dan konektivitas data.

"Banyak orang tidak menikmati internet lewat ponsel pintar karena harga perangkatnya mahal, mereka yang masih mau bertahan dengan sistem operasi lama padahal ada yang baru dan ponsel mereka belum berkemampuan untuk menikmati transmisi data generasi terbaru.

"Android One dihadirkan untuk menjawab itu semua, dengan menghadirkan perangkat yang hebat dan perangkat lunak terbaru yang nantinya mampu mentransmisi data generasi terbaru," katanya.

TEROBOSAN GOOGLE DI ANDROID ONE

Inspirasi untuk membuat smartphone android harga terjangkau ini dilakukan di India dimana Micromax, Spice, dan Karbonn menjual telepon pintar dengan spesifikasi layar 4,5 inci, RAM 1 Giga, kamera belakang 5 MP, 1,3GHz quad core Media Tek Processor, dual-SIM slots, dan FM Radio.

Android One akan diluncurkan pertama di India. Setelah itu, smartphone murah ini akan dipasarkan ke Indonesia, Filipina, Pakistan, Sri Lanka, Bangladesh, dan Nepal sebelum akhir 2014.

Seperti dilansir The Verge, Android One akan dilengkapi versi YouTube spesial di mana konsumen bisa menonton video berulang-ulang tanpa harus menyedot data. Smartphone ini akan dijual di pasar dengan harga sekitar US$105.

Kendati ponsel serupa banyak beredar di pasar, Google mengklaim Android One mampu merepresentasikan sebuah pengalaman konsumen yang menarik.

Google akan mendorong pembaruan perangkat lunak sendiri. Ini akan menghindari situasi yang muncul beberapa tahun yang lalu di bagian lain dunia, di mana ponsel bertenaga rendah terjebak pada versi awal Android tanpa harapan update, meninggalkan pelanggan tidak dapat mengakses aplikasi dan layanan baru.

Google mengatakan beberapa produsen telepon genggam, termasuk HTC, Asus, Acer, Panasonic, Lenovo, dan Qualcomm akan bergabung dalam program ini.

SPESIFIKASI NEXIAN ANDROID ONE

 Nexian Journey 1 Android One resmi diluncurkan di Indonesia, Rabu (4/2/2015).

"Kami bekerja sama dengan Google," kata Pemimpin Proyek smartphone tersebut Indra Yonathan saat peluncuran produk tersebut di Jakarta.

Ponsel Android One diprakarsai oleh Google dengan tujuan menghadirkan ponsel cepat berkualitas tinggi untuk semua kalangan.

  • Nexian mengklaim sebagai ponsel pertama di dunia yang menggunakan Android Lollipop 5.1.
  • Ponsel ini memakai prosesor quad core MediaTek 1,3 Ghz dan merupakan perangkat dual micro sim yang mendukung pemakaian 3G untuk kedua kartu.
  • Kamera belakangnya berkekuatan 5 megapixel dan kamera belakang 2 megapixel.
    Baterainya berdaya 1700mAh.
  • Memori internalnya sebesar 8+1 gigabyte dan dapat menggunakan microSD tambahan.
  • Nexian Journey 1 Android One tersedia dalam warna hitam, putih dan merah seharga Rp 999.000.

Sementara itu, Telkomsel diketahui telah menyepakati kerja sama dengan Google dengan program antara lain gratis download 200MB per enam bulan pertama. 

  • Adapun di sisi unit ponsel, Evercoss One X, Mito Impact, dan Nexian Journey akan memperkenalkan modal Karbonn Sparkle V, Micromax Canvas A1, dan Spice Mimpi Uno. 
  • Unit tersebut dilengkapi layar FWVGA 4,5 inci (480x854 piksel); prosesor quad-core 1.3GHz; 1GB RAM; 8GB built-in storage.
  • Memori dapat diperluas melalui kartu microSD (up to 32GB); bisa dibenami dua SIM (Micro SIM); 5-megapiksel kamera belakang; Kamera depan 2 megapiksel, dan baterai 1700mAh. (Antara/Bisnis.com)

SIMAK TENTANG ANDROID ONE GOOGLE:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : Antara/Bisnis.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper