Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Operator Telekomunikasi Serahkan Opsi Penataan Pita 1.800 MHz

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bersyukur operator telah menyerahkan proposal berisi opsi penataan pita frekuensi 1.800 MHz kepada pemerintah pada Selasa (27/1/2015) lalu.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 30 Januari 2015  |  16:46 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bersyukur operator telah menyerahkan proposal berisi opsi penataan pita frekuensi 1.800 MHz kepada pemerintah pada Selasa (27/1/2015) lalu.

“Mereka memilih opsi ketiga,” katanya usai acara pertemuan antara Kemkominfo dan penyelenggara penyiaran/telekomunikasi di Jakarta, Jumat (30/1/2015) pagi.

Sebelumnya, Kemkominfo menawarkan tiga opsi kepada empat operator yang memiliki spektrum di pita 1.800 MHz. Para operator itu adalah PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Indosat Tbk, PT XL Axiata Tbk (XL), dan PT Hutchinson 3 Indonesia (Tri).

Tiga opsi itu masing-masing memuat urut-urutan baru pita 1.800 MHz yang sudah berdampingan. Selama ini blok-blok spektrum di band itu terpisah-pisah.

Pada opsi pertama, urut-urutannya adalah XL-Indosat-Telkomsel-Tri. Opsi kedua XL-Telkomsel-Indosat-Tri. Sementara opsi ketiga posisinya adalah XL-Tri-Indosat-Telkomsel (lihat gambar).

Rudiantara mengatakan empat operator itu pada mulanya sulit menemukan kata sepakat untuk memilih satu opsi. Alhasil, dia pun memberi ancaman kepada operator saat mengadakan pertemuan dengan mereka, Senin (19/1).

“Kalau you tidak mampu, maka saya yang akan putusin sendiri,” katanya sembari memberi deadline dua minggu.

Seminggu kemudian, empat operator itu berembuk dan mencapai kata mufakat untuk memilih opsi ketiga. Sehari setelahnya, perwakilan operator menyerahkan proposal itu kepada Kemkominfo.

“Akhirnya mereka sepakat, bagus kan?” beber Rudiantara.

Mantan Komisaris Indosat ini mengatakan kesepakatan tersebut final dan sudah ditandatangani para operator. Dia pun akan mempelajari proposal itu dan segera mengeluarkan kebijakan penataan pita 1.800 MHz pada pertengahan Februari mendatang.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel xl indosat tri menkominfo operator rudiantara pita 1.800 mhz
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top