Perkuat Bisnis di Eropa, Hutchinson Beli O2 Senilai US$15 Miliar

John Andhi Oktaveri
Jumat, 23 Januari 2015 | 09:40 WIB
Three Mobile. /Bisnis.com
Three Mobile. /Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hutchison Whampoa Ltd akan membeli perusahaan teknologi informasi O2 asal Inggris senilai lebih dari 10 miliar pounds (US$15 miliar), menurut satu sumber yang tidak mau disebutkan namanya.

Langkah perusahaan milik konglomerat terkaya di Asia, Li Ka-shing itu kian menegaskan rencananya untuk melakukan penyehatan bisnis sektor telekomunikasi di Eropa.  

Kesepakatan itu akan diumumkan hari ini dan akan menandai langkah terbaru konsolidasi bisnis telekomunikasi di Inggris. Di negara itu pasar terpecah antara empat operator jaringan seluler dan empat provider pita lebar dengan jalur tetap milik sendiri.  

Sementara itu, pada Desember lalu, perusahaan milik negara Inggris,  BT memasuki pembicaraan ekslusif dengan pemilik EE. EE merupakan operator seluler terbesar Inggris sebagaimana dikutuip Reuters, Jumat (23/1/2015).

Hutchison telah mengoperasikan jaringan Three Mobile di Inggris dan dengan membeli O2 milik perusahaan telekomunikasi Telefonica itu akan membuatnya menjadi operator terbesar di negara itu. Langkah itu akan menjadi salah satu akuisisi terbesar yang dilakukan Hutchison dalam upayanya memperbaiki kinerja usaha di sekotr bisnis telekominikasi di Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper