Lenovo Kuasai Pangsa Pasar PC Indonesia

Sanjey Maltya
Rabu, 26 November 2014 | 18:12 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Vendor PC global Lenovo Grup Ltd melalui PT Lenovo Indonesia kini sukses mengungguli pesaingnya Asus, menjadi penguasa pasar Indonesia dengan pangsa tercatat 20,1% pada periode Juli-September 2014, berdasarkan data IDC.

Padahal berdasarkan riset GfK pada Mei tahun ini, Asus menduduki peringkat pertama di pasar notebook Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 32,6%. Peringkat kedua disusul Acer 19,6% dan Lenovo 15,7%.

Country General Manager Lenovo Indonesia Rajesh Hiro Thadani mengatakan pasar PC Indonesia terus menunjukkan tren penurunan secara keseluruhan. "Namun pangsa pasar kami justru tumbuh 4,5 basis poin secara kuartalan dan 6,6 poin secara tahunan," ujarnya Rabu (26/11).

Dia menjelaskan, tren kenaikan pangsa tersebut mengindikasikan strategi model bisnis protect & attack serta investasi yang diusung perseroan terbukti menjadi formula ampuh. "Formulasi tersebut akan terus menjadi strategi kami untuk memimpin pasar PC Plus dan bisnis server di Indonesia."

Pada segmen consumer, perseroan juga mencatat pangsa dalam periode serupa yang tak kalah menarik dengan penguasaan 21,6%, naik 8,2 basis poin dari tahun lalu, dan 5,5 poin dari kuartal fiskal sebelumnya. Sedangkan dalam segmentasi SMB (small-business), perseroan dibukukan menguasai pangsa 19,8%.

Lenovo, mengestimasi penjualan notebook pada kuartal III tahun ini naik hingga 25% dari kuartal sebelumnya menjadi 150 ribu unit. Estimasi tersebut berkontribusi sekitar 25% dari total target penjualan notebook perseroan tahun 2014, yakni 580 ribu unit-600 ribu unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sanjey Maltya
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper