Peneliti Orogon State University Ciptakan Pendeteksi Radiasi Untuk Individu

Rezza Aji Pratama
Rabu, 16 Juli 2014 | 04:05 WIB
Fasilitas Nuklir Fukushima. /yeppopo
Fasilitas Nuklir Fukushima. /yeppopo
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejak bencana bocornya reaktor nuklir Fukushima, Jepang pada 2011, ketakutan masyarakat terhadap radiasi meningkat tajam. Sayangnya, pendeteksian ada tidaknya radiasi ini biasanya membutuhkan alat canggih yang mahal.

Seperti dilansir dari Gizmag.com, hal inilah yang dilihat oleh para peneliti di Oregon State University. Mereka menciptakan alat pendeteksi radiasi yang diperuntukkan bagi individu. Perangkat yang diberi naa MiniSpec itu saat ini masih dalam tahap pengembangan.

MiniSpec ini sebenarnya merupakan miniatur dari spectrometer sinar gamma yang akan memberitahukan pengguna jika ada radiasi berbahaya. Para peneliti menggunakan detector sintilasi yang menggabungkan sensor cahaya dengan sintilator. Penggunaan komponen ini memungkinkan perangkat didesain mungil, tahan lama, ringan, hemat energi, dan dapat beroperasi di suhu kamar.

Beberapa model yang akan dipasarkan salah satunya untuk digunakan di sekitar rumah. Jika mendeteksi adanya radiasi dari tanah, granit atapun dinding beton, perangkat ini dapat mengirimkan data secara nirkabel sehingga bisa dipantau melalui Internet. Setelah dikomersialkan, MiniSpec diharapkan dijual di bawah US$150. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper