Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mantan KSAL: Teknologi Itu Penting Bagi Pertahanan Negara

Mantan Kepala Staff Angkatan Laut Laksamana (Purn) Sumarjono mengatakan teknologi merupakan faktor yang sangat mempengaruhi perencanaan pembangunan pertahanan negara.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 19 Februari 2014  |  18:36 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Kepala Staff Angkatan Laut Laksamana (Purn) Sumarjono mengatakan teknologi merupakan faktor yang sangat mempengaruhi perencanaan pembangunan pertahanan negara.

Menurut Sumarjono pertahanan dibangun atas empat komponen, yaitu pembuatan doktrin pertahanan, penyusunan strategi pendukung doktrin, penyusunan struktur pelaksana strategi, dan penyusunan postur pembuatan struktur.

Dengan adanya perkembangan teknologi, lanjut Sumarjono, empat komponen penting tersebut dapat dilaksanakan dengan cepat. Dia menyebutkan sejarah pertahanan Amerika Serikat sebagai contoh.

"Dengan adanya teknologi satelit, sekarang mereka mengurangi penempatan pasukan udara, darat, dan laut. Karena dengan satelit, apa yang terjadi dapat langsung diketahui," jelas Sumarjono saat ditemui di Jakarta, Rabu (19/02/2014)

Sumarjono yang merupakan Kepala Staff Angkatan Laut periode 2007-2008 ini menyetujui keputusan pemerintah untuk memberdayakan alat utama sistem pertahanan negara untuk menjaga kedaulatan negara.

Menurutnya wilayah teritorial Indonesia yang begitu luas memang seharusnya dijaga oleh kekuatan pertahanan yang memadai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian pertahanan
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top