Layanan 4G dari Tri Masih Terkendala Keterbatasan Frekuensi

Amri Nur Rahmat
Selasa, 26 November 2013 | 15:21 WIB
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - PT Hutchinson 3 Indonesia, operator penyedia jasa komunikasi Tri, menyatakan siap menggelar layanan seluler generasi keempat (4G) berbasis teknologi Long Term Evolution (LTE) secara komersial di Tanah Air.

Presiden Direktur Hutchinson 3 Indonesia Manjot Mann mengatakan pihaknya telah mempunyai kesiapan infrastruktur maupun teknologi yang telah dikembangkan perseroan untuk menyediakan layanan data berbasis LTE.

"Tetapi, itu [penyelenggaraan layanan LTE] juga tergantung dari regulator dalam memberi tambahan frekuensi di spektrum yang ditetapkan untuk LTE nanti," ucapnya, Selasa (26/11/2013).

Adapun, dalam rencana penerapan teknologi LTE, pemerintah mengisyaratkan bakal dilaksanakan di spektrum 1.800MHz, di mana kepemilikan frekuensi ideal oleh operator minimal 20MHz.
Sementara itu, kepemilikan frekuensi Tri di spektrum 1.800 MHz baru 10 MHz.

Dari sisi kapasitas jaringan yang dimiliki perseroan sejauh ini mencapai 42 Mbps yang didukung dengan 14.000 unit base station transceiver (BTS) berbasis node-B untuk 3G dari sekitar 30.000 unit BTS yang tersebar di sejumlah kota di Indonesia.

Manjot berharap agar dalam pembagian frekuensi untuk penerapan LTE nanti, pemerintah lebih adil dan mempertimbangkan penetrasi perseroan dalam penyediaan akses layanan data pada beberapa tahun terakhir di Indonesia.

Wakil Presiden Komisaris Hutchinson 3 Indonesia Erick Thohir menambahkan perseroan belum merencanakan aksi konsolidasi dengan operator lain untuk memenuhi batasan ideal kepemilikan frekuensi 20 MHz agar bisa menyelenggarakan layanan 4G LTE.

"Untuk waktu dekat ini, belum ada rencana merger atau akuisi, tetapi kita juga tidak menutup kemungkinan untuk melakukan hal tersebut," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper