Pendiri Perusahaan Akan Ambil Alih BlackBerry dari Pemegang Saham Terbesar

John Andhi Oktaveri
Jumat, 11 Oktober 2013 | 09:11 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Pendiri BlackBerry Ltd. co, Mike Lazaridis dan Douglas Fregin akan mengajukan proposal untuk mengambil alih perusahaan asal Kanada itu, di tengah upaya menyelamatkan diri dari kebangkrutan.

Berdasarkan data dokumen perusahaan itu, Mantan eksekutif BlackBerry tersebut telah menyewa Goldman Sachs Group Inc. dan Centerview Partners LLC untuk membantu mereka dalam mempelajari sejumlah opsi.

Penawaran atas perusahaan itu harus bersaing dengan yang pernah dijaukan sebesar US$4,7 miliar oleh Fairfax Financial Holdings Ltd. (FFH), pemegang saham terbesar perusahaan pembuat telepon pintar tersebut.

BlackBerry mengumumkan akan menjual asetnya setelah pangsa pasarnya anjlok dan kalah bersaing dengan produk sejenis dari Apple Inc. dan Samsung Electronics Co. Kedua pendiri perushaan itu mengatakan tujuan mereka adalah “menstabilkan dan menyehatkan perusahaan" berdasarkan program yang akan mereka kembangkan.

“Ini akan menjadi bisnis yang rumit. Lazaridis harus menemukan seseorang yang dia percaya dan mampu mengangkat kembali kinerja perushaan,”  ujar David Cockfield, seorang fund manager pada Northland Wealth Management di Toronto.

Fairfax, yang belum mengumumkan satupun dari mitranya untuk mendapatkan pendanaan, menyatakan tidak lagi bekerja sama dengan Lazaridis dan Fregin, ujar satu sumber yang tidak mau disebutkan namanya sebagaimana dikutip Bloomberg, Jumat (11/10/2013).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Nurbaiti
Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper