XL Sukses Uji Coba Jaringan LTE, Video Call, You Tube

Thomas Mola
Senin, 9 September 2013 | 23:20 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Operator Selular, PT XL Axiata mengaku siap untuk menyediakan layanan Long Term Evolution (LTE) atau 4G untuk mendukung acara APEC. XL menyediakan 1 BTS LED untuk melayani wilayah Bandara Ngurah Rai dan 6 BTS LED di daerah Nusa Dua.

Chief Service Management Officer PT XL Axiata Tbk Ongki Kurniawan mengatakan XL telah mengantongi izin untuk melakukan uji coba 4G dari SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sejak 4 September kemarin. Izin uji coba itu hanya berlangsung selama persiapan hingga APEC selesai pada tanggal 10 Oktober mendatang.

“Persiapan sebenarnya sudah lama tetapi baru bisa kami uji coba setelah mendapat izin dari Kemkominfo. Izin yang kami peroleh hanya untuk uji coba indoor dan outdoor hanya untuk wilayah Bali. Hasil uji coba nanti akan kita laporkan kepada Kemkominfo untuk mendapatkan evaluasi,” ujar Ongki dalam paparan uji coba jariangan LTE XL di Menara Prima, Jakarta, Senin malam (9/9).

Ongki mengatakan untuk menggelar uji coba XL menggandeng Huawei. Uji coba XL menggunakan frekuensi di 1.800 Mhz dan 2.100 Mhz di mana memanfaatkan spektrum sebesar 5 Mhz di masing-masing frekuensi. Sehingga total spektrum yang dipakai berjumlah 10Mhz.

 

Pada uji coba itu jaringan XL mampu memberikan kecepatan unduh data sebesar 27,42 Mbps, video call menggunakan aplikasi Skype berjalan mulus dengan kualitas gambar tajam, live streaming televisi dan You Tube juga berjalan mulus tanpa terputus-putus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper