Ramadan, Telkomsel Berambisi Lonjakkan Trafik 50%

Galih Kurniawan
Kamis, 27 Juni 2013 | 14:35 WIB
Bagikan

  BISNIS.COM, JAKARTA—Telkomsel menggelar uji jaringan di Jakarta, Cirebon dan Solo, Kamis (27/6/2013). Uji coba digelar sebagai persiapan menghadapi lonjakan trafik yang diperkirakan terjadi selama Ramadan dan Lebaran.

Telkomsel memperkirakan lonjakan trafik jaringan akan terjadi di beberapa daerah selama periode mudik Lebaran. Kenaikan trafik diperkirakan mencapai 20% hingga 50% dibanding hari biasa.

Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menyiapkan visitor location register (VLR) alias kecukupan daya tampung pelanggan.

Telkomsel memberikan kelonggaran kapasitas sebesar 22% di Jawa Barat, 43% di Jawa Tengah dan 26% di Jawa Timur. Adapun di luar Jawa kapasitas dinaikkan hingga 43% dari biasanya.

“Tim kami melakukan identifikasi tempat-tempat yang menjadi tujuan aktivitas pelanggan selama Ramadan, arus mudik, Lebaran dan arus balik. Kami juga menyiapkan 50 mobil BTS Combat (compact mobile base station) di titik-titik strategis,” ujar Arief yang ikut serta dalam uji jaringan yang dilakukan melalui jalur darat itu.

Sepanjang tahun ini Telomsel mengklaim terus membangun BTS baru. Hingga pertengahan tahun ini sebanyak 7.500 BTS sudah on air. Hingga Juni 2013 Telkomsel sudah memiliki 62.000 BTS di mana 21.000 di antaranya merupakan BTS 3G (node B) dengan bandwidth Internet sebesar 37,7 Gbps.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Galih Kurniawan
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper