Uji Coba LTE, Axis Pakai Frekuensi 1800MHz

Galih Kurniawan
Minggu, 21 April 2013 | 13:03 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Meski masih “repot” dengan penataan spektrum 2,1GHz, Axis ternyata sudah menyiapkan uji coba long term evolution (LTE/4G).

GM Technology Strategy Axis Deden Machdi mengatakan pihaknya berencana melakukan uji coba LTE di frekuensi 1800 MHz. “Kami sudah siap di indoor dan outdoor tinggal menunggu izin pemerintah,” ujar dia belum lama ini.

Dia menambahkan dalam uji coba itu Axis akan mengalokasikan bandwith sebesar 5 MHz untuk LTE sementara sisanya tetap digunakan untuk GSM. Pada frekuensi tersebut Axis memiliki bandwith 15 MHz.

Deden menegaskan alokasi 5 MHz sudah cukup untuk LTE meski pemerintah sebelumnya menyebutkan 20 MHz sebagai ukuran ideal. “Sekarang kan belum masuk ke komersial, 5 MHz cukup, nanti baru melihat perkembangannya,” imbuh dia.

Dalam uji coba yang dilakukan di kantor Axis di Jakarta beberapa waktu lalu kecepatan unduh mencapai sekitar 13Mbps sedangkan upload 12Mbps.

Saat ini Axis masih disibukkan dengan proses penataan kanal 3G di spektrum 2,1GHz. Mereka pesimistis penataan itu bakal selesai sebelum Lebaran. Mereka menegaskan masih menunggu respons pemerintah terkait pembersihan dari interferensi di blok 11 dan 12 yang akan mereka tempati.

Axis meminta pemerintah memastikan Permen No.30/2012 dijalankan terlebih dahulu sebelum mereka bermigrasi ke blok 11 dan 12. Axis mengatakan masih ada interferensi di blok 11 dan 12 oleh downlink yang dipancarkan PCS1900 milik Smart Telecom. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Galih Kurniawan
Editor : Fahmi Achmad
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper