PILKADA SULSEL: Media Sosial Akurat Untuk Ukur Pilkada

News Editor
Selasa, 22 Januari 2013 | 17:42 WIB
Bagikan

JAKARTA- PoliticaWave merilis analisis Pemilihan Kepala Daerah Sulawesi Selatan. Berdasarkan analisis dari algoritma PoliticaWave untuk percakapan seputar Pilkada Sulawesi Selatan di media sosial, ditemukan angka-angka yang menguntungkan pasangan Syahrul Yasin Limpo dan Agus Arifin Nu'mang (Syahrul-Agus).

 
Menurut PoliticaWave, pasangan Syahrul-Agus memiliki sentimen indeks positif 28,7, tertinggi dibandingkan pasangan kandidat lainnya. Total percakapan atau buzz dari pasangan ini juga melebihi pesaing-pesaingnya.
 
"Keberhasilan PoliticaWave memprediksi Pilkada Sulsel membuktikan dua hal, pertama, bahwa peran media sosial di ranah politik semakin penting. Kedua, bahwa media sosial sangat menentukan untuk Pilkada di semua daerah, tidak hanya di Jakarta dan bahkan di luar Jawa," kata Direktur PoliticaWave Yose Rizal dalam siaran pers, Selasa (22/1/2013).
 
Dia menegaskan, PoliticaWave kembali menunjukan akurasinya dengan menyimpulkan bahwa pasangan Syahrul-Agus memenangkan pertarungan Pilkada Sulawesi Selatan. PoliticaWave memantau berbagai kanal media sosial, termasuk Twitter, Facebook, Forum, Blog, Youtube dan situs-situs berita nasional dan lokal. Hasil analisis real time disampaikan melalui website politicawave.com. 
 
Adapun menurut analisis PoliticaWave, posisi di Pilkada Sulawesi Selatan adalah pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang) diikuti Ilham Arief Sirajuddin-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar (IA) dan Rudiyanto Asapa-Nawir Pasinringi (Garuda-Na).
 
PoliticaWave saat ini juga memantau Pilkada Jawa Barat, Sumatera Utara, selain partai politik dan Calon Presiden RI 2014. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : News Editor
Editor : Fahmi Achmad
Sumber : Galih Kurniawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper