Indosat - Telkom Bertarung Sengit Dorong GPUaaS, Babak Baru Bisnis Data Center

Kamis, 22 Agustus 2024 | 10:33 WIB
Lintasarta, perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solutions terkemuka di Indonesia, meluncurkan produk baru Lintasarta, GPU Merdeka (Graphics Processing Units) pada Rabu (21/8) di Hotel Kempinski, Jakarta.
Lintasarta, perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solutions terkemuka di Indonesia, meluncurkan produk baru Lintasarta, GPU Merdeka (Graphics Processing Units) pada Rabu (21/8) di Hotel Kempinski, Jakarta.
Bagikan

Telkom


Sementara itu, Telkom Group melalui anak usaha Telkomsel berkolaborasi strategis bersama Singtel dan Bridge Alliance dalam mendorong layanan GPU-as-a-Service (GPUaaS).

Pada tahap awal, layanan GPUaaS dari Singtel akan didukung oleh cluster NVIDIA H100 Tensor Core GPU, dengan rencana ekspansi lebih lanjut yang mencakup server AI generasi berikutnya dan pusat data berkelanjutan yang terhubung secara hyper-connected mulai pertengahan 2025.

Nantinya, GPUaaS akan mendukung berbagai sektor industri seperti ritel, manufaktur, keuangan, dan logistik.

Layanan ini memungkinkan perusahaan untuk menerapkan AI dalam skala besar, mengurangi biaya sekaligus mempercepat pertumbuhan bisnis dan inovasi.

Ilustrasi kerja sama Telkom, telkomsel, Singtel dan Bridge
Ilustrasi kerja sama Telkom, telkomsel, Singtel dan Bridge

Direktur Wholesale & International Service Telkom Indonesia Bogi Witjaksono menyatakan bahwa sejalan dengan inisiatif transformasi strategis Telkom Group, Five Bold Moves, kerja sama ini diharapkan dapat memaksimalkan peluang pertumbuhan dan memenuhi kebutuhan pasar yang semakin dinamis, cepat, dan tidak terduga.

AI sendiri diproyeksikan dapat memberikan kontribusi hingga US$1 triliun bagi ekonomi Asia Tenggara pada 2030.

“Dengan memanfaatkan teknologi AI yang disesuaikan dengan kearifan lokal, kami berharap solusi GPUaaS bersama dengan ekosistem pendukung teknologi AI akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan nasional, serta memperkuat kemajuan bangsa dan negara,” kata Bogi.

Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam mengatakan bahwa partisipasi dalam strategis ini sejalan dengan misi Telkomsel untuk menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan yang inovatif dan unggul, untuk semua orang, setiap rumah, dan kegiatan bisnis.

“Kolaborasi strategis ini mencerminkan semangat kami untuk menghadirkan manfaat dari teknologi terkini bagi masyarakat dan bisnis di seluruh Indonesia, memperkuat fondasi digital bangsa untuk hari yang lebih baik dan masa depan gemilang,” kata Wong.

Potensi

Sementara itu, Ketua Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi ITB Ian Yosef M. Edward memperkirakan GPUaaS akan memberi dampak besar bagi bisnis data center Indosat dan Telkom. 

Dalam 3-5 tahun ke depan, menurutnya, kontribusi pendapatan dari GPUaaS dapat mencapai 20% dari total pendapatan bisnis data center. Hal tersebut dapat terjadi jika adopsi AI di Tanah Air makin masif. 

GPUaaS juga dapat menjadi angin segar baru di industri telekomunikasi di tengah persaingan layanan seluler yang makin ketat. 

“Layanan Big Data atau AI saat ini menjadi makin berkembang dan diperlukan masyarakat. Oleh karena itu berlomba lomba untuk menjadi yang terdepan,” kata Ian. 

Berbeda, Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi menilai pada tahap awal mungkin GPUaaS tidak terlalu besar pertumbuhannya, hanya sekitar 10 persen.

"Kemudian 15 persen, baru pada tahun ke-3 bisa capai 20-25 persen. Angka tahun ke-3 akan tergantung tahun pertama dan kedua, bisa bisa 10-15 persen akan bisa sesuai target, tapi kalau di bawah 10 persen berarti peminatnya kurang tinggi di sini," kata Heru. 

Dia menambahkan dengan kemajuan AI saat ini, yang bahkan akan lebih canggih lagi ke depannya, trafik data yang akan sangat meningkat sehingga perlu pemrosesan yang lebih cepat, maka data center GPU dibutuhkan. 

"Ini merupakan wilayah yang kita istilahkan masih blue ocean, belum banyak yang bermain sehingga pasarnya masih terbuka lebar," kata Heru. 

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper