5 Aplikasi Terbaik untuk Membuat Spreadsheets di Android

Redaksi
Minggu, 25 Februari 2024 | 15:06 WIB
Ilustrasi pekerja di depan komputer/Dok. unsplash
Ilustrasi pekerja di depan komputer/Dok. unsplash
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan saat ini menuntut para pekerjanya untuk membuat dan mengelola spreadsheet, terutama bagi para profesional dan pebisnis yang sering bekerja dengan data. Namun, dengan banyaknya pilihan aplikasi, memilih yang terbaik untuk kebutuhan bisa menjadi tugas yang sulit.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, Bisnis telah merangkum lima aplikasi terbaik untuk membuat dan mengedit spreadsheet langsung dari perangkat Android.

1. Microsoft Excel

Kualitas Microsoft Excel sudah tidak bisa diragukan lagi, dengan lebih dari 1 juta perusahaan di Amerika Serikat yang masih menggunakan Office 365. Ketika digunakan di Android, Microsoft Excel hanya mengunci fitur eksklusif seperti PivotTable dan SmartArt di balik 'subscription'.

Aplikasi ini ramah untuk semua ukuran layar dan tidak memiliki iklan yang mengganggu alur kerja.

2. Google Sheets

Google Sheets tidak sepenuhnya gratis dan bebas iklan, namun masih ringan dan dapat berjalan pada hampir semua smartphone. Kemampuan untuk mengunduh dan menggunakan add-on dari Chrome Web Store membuat Google Sheets memiliki potensi lebih mudah disesuaikan dibandingkan yang lainnya.

Hanya membutuhkan sebuah akun Google dan akses internet, kita sudah bisa mengunduh aplikasinya dari Play Store. Kita juga dapat melakukan pengeditan secara offline dengan Google Sheets, dan spreadsheet secara otomatis akan diperbaharui begitu ponsel memiliki akses internet.

Google Sheets terrintegrasi dengan produk-produk Google lainnya, seperti Gmail, Google Drive, Google Meet dan Google Docs. Terdapat template resmi untuk Google Sheets yang dapat dipilih sebelum membuat spreadsheet baru, atau mengimpor template yang ditemukan secara online.

3. Zoho Sheet


Zoho Sheet adalah pengeditan spreadsheet yang memiliki fungsionalitas yang sama dengan aplikasi desktop dan web. Dukungan untuk ekstensi melalui pasarannya yang luas berarti Anda dapat menjadikan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan.

Anda dapat menggunakan akun Zoho yang sudah ada, masuk menggunakan Google, atau memilih untuk melihat file lokal saat pertama kali diluncurkan. Anda dapat melihat data dalam rentang yang dipilih dengan menggunakan fitur "Insights by Zia", di mana Anda juga dapat mengurutkan dan menyaring detail tertentu. Aplikasi ini juga memiliki salah satu desain terbaik untuk membuat dan memodifikasi rumus.

Pendekatan yang ramah pengguna ini juga berlaku untuk bagian lain dari aplikasi, menjadikan Zoho Sheet terasa paling alami untuk digunakan pada layar yang lebih kecil.

Anda juga dapat menyimpan files di smartphone atau upload di DropBox. Zoho Sheet sepenuhnya gratis dan tidak memiliki iklan sama sekali. Menjadikannya salah satu aplikasi terbaik untuk digunakan.

4. WPS Office

Instalasi tunggal dari aplikasi WPS Office di ponsel Android Anda akan memberi Anda akses tidak hanya ke file Excel tetapi juga dokumen Word, PDF, dan presentasi PowerPoint - ini adalah sesuatu yang dihindari oleh penawaran lain dan sebaliknya memiliki aplikasi terpisah untuk setiap jenis dokumen.

Untuk memakinya secara gratis, Anda harus berurusan dengan beberapa iklan saat menggunakan WPS Office, yang dapat dihapus secara permanen dengan berlangganan versi premium. Selain dari alat pengeditan spreadsheet seperti pengurutan dan penyaringan yang biasa, Anda memiliki opsi untuk menggunakan berbagai layanan cloud seperti OneDrive, Dropbox, dan Google Drive untuk pencadangan dan sinkronisasi. Kenaikan pesat alat kecerdasan buatan telah menginspirasi fitur WPS AI, yang memiliki beberapa alat kecil yang menyederhanakan pengeditan dan pembuatan dokumen.

5. AndrOpen Office

AndrOpen Office adalah versi porting dari paket aplikasi open-source OpenOffice yang sekarang sudah dihentikan, dan seperti WPS Office, Anda mendapatkan akses ke beberapa aplikasi produktivitas lainnya selain Excel. Writer adalah alternatif Microsoft Word mereka, dan Draw memungkinkan Anda membuat ilustrasi 3D langsung di ponsel Anda. Untuk membuat dan mengedit spreadsheet, Anda harus menggunakan aplikasi Calc dalam paket aplikasinya. Anda dapat mengimpor dari berbagai format spreadsheet Excel populer, termasuk XLS, XLT, XLSX, dan lainnya.

Dengan lebih dari 7 juta unduhan dan peringkat positif secara keseluruhan dari penggunanya, satu-satunya keluhan yang kami miliki dengan aplikasi Calc dari AndrOpen Office adalah interfacenya yang agak ketinggalan zaman. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper