Uji Coba Satria-1 di 6 Kota Berjalan Lancar, Bisa Dipakai Zoom

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 8 Desember 2023 | 07:30 WIB
Satelit Satria saat diluncurkan dari Florida, Amerika Serikat/doc. istimewa
Satelit Satria saat diluncurkan dari Florida, Amerika Serikat/doc. istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Satelit Satria-1 berhasil melewati masa uji coba integrasi dan aktivasi dengan memberikan akses internet di 6 lokasi yaitu di Kota Manokwari, Kota Jayapura, Kota Ambon, Kota Batam, Kota Kupang, dan Kota Banjarbaru. Internet Satria-1 mendukung layanan zoom di titik-titik tersebut. 

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan pada masa uji coba tersebut sinyal yang diberikan oleh Satria-1 cukup baik. 

"Dari Jayapura bagaimana sinyalnya oke,” kata Budi, dikutip Jumat (8/12/2023). 

Satria-1 telah berhasil terkoneksi dengan internet dalam pelaksanaan tahapan uji coba integrasi dan aktivasi yang berlangsung pada Kamis, 7 Desember sekitar pukul 13.30 WIB.

Direktur Utama PT Pasifik Satelit Nusantara, Adi Rahman Adiwoso dan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, Fadhilah Mathar turut hadir bersama Budi dalam pelaksanaan tahapan uji coba integrasi untuk kesiapan aktivasi Satria-1.

Dirut PT PSN, Adi Rahman Adiwoso mengatakan bahwa pelaksanaan tahap uji coba Satria-1 ini merupakan sebagian tes dari uji layak operasi.

"Zoom ini menggunakan Satelit SATRIA-1 dan jaringan Satria-1. Bisa dibuktikan bahwa semuanya sudah mulai jalan," kata Adi.

Aktivitas zoom dengan menggunakan jaringan Satria-1
Aktivitas zoom dengan menggunakan jaringan Satria-1

Adi berharap pelaksanaan tahap uji coba integrasi dan aktivasi Satria-1 ini dapat segera selesai sebelum akhir Desember 2023.

Tahapan uji coba integrasi ini dilakukan setelah suksesnya peluncuran Satria-1 pada Juni 2023 lalu dan pada November 2023, Satria-1 telah sampai di orbit 146 Bujur Timur (BT).

"Kita harapkan ini bisa selesai minggu depan secara teknis, disusul dengan masalah administrasi dan semoga sebelum Natal ada hadiah Natal pak," tutur Adi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper