Simak Daftar Pekerjaan yang Tidak Bisa Digantikan oleh AI

Crysania Suhartanto
Senin, 17 Juli 2023 | 01:55 WIB
Kecerdasan buatan. /Youtube
Kecerdasan buatan. /Youtube
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah pekerjaan diperkirakan tidak akan tergantikan oleh kehadiran artificial intelligence (AI).

Baru-baru ini, riset menunjukkan sekitar 27 persen pekerjaan manusia akan tergantikan dengan kecerdasan buatan atau AI. Laporan dari Organisasi Kerja sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) bahkan mengungkapkan bahwa prediksi ini masih dalam tahap awal, yang mana dampaknya masih bisa lebih parah. 

Kendati demikian, dikutip dari Fast Company, masih ada beberapa pekerjaan yang dapat bertahan dan tidak dapat digantikan oleh AI. 

1. Pekerja Kreatif

Salah satu bidang yang disebut-sebut akan masuk zona aman atau tidak dapat tergantikan oleh kecerdasan buatan adalah para pekerja kreatif, seperti artis, penyanyi, dan musisi. Pasalnya, mereka harus menggunakan pengalaman hidup, emosi, dan kreatifitas mereka untuk menghidupkan sesuatu. Hal inilah yang belum dimiliki oleh kecerdasan buatan.

2. Penanggungjawab Pemeliharaan

Saat menjalankan suatu produksi, masalah menjadi sesuatu yang tidak dapat terhindarkan. Kecerdasan buatan yang canggih pun juga masih memiliki potensi untuk melakukan kesalahan.

Oleh karena itu, peran penanggungjawab pemeliharaan menjadi sangat krusial dan tidak dapat tergantikan dengan kecerdasan buatan secanggih apapun. Kepala Produk People First, Mark William mengatakan meski mesin memiliki kemampuan untuk membuat hal dengan lebih cepat, tetapi mereka tidak memiliki analitik dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah produksi. 

3. Penata Rambut

Dulu, sudah pernah ada upaya untuk membuat mesin pemotong rambut. Namun, mesin tersebut tidak dapat memotong secara optimal, apalagi untuk sejumlah potongan baru ataupun rambut-rambut yang butuh perlakukan khusus. Selain itu, penata rambut dengan orang akan jauh lebih aman dibandingkan pemotong rambut robot. 

4. Terapis dan Pekerja Sosial

Terapis atau pekerjaan yang dapat membantu orang dalam menyembuhkan pikiran tidak akan dapat digantikan oleh robot. Pasalnya, tindakan ini hanya dapat dilakukan melalui interaksi manusia yang nyata, yang mana salah satu pihak dapat benar-benar berempati, memahami, dan menawarkan saran berdasarkan pengalaman bersama, bukan hanya dengan logika berbasis data. 

5. Guru

Peran pahlawan tanpa tanda jasa ini tidak akan tergantikan oleh robot. Memang perlu diakui bahwa sekarang sudah ada banyak video berbasis edukasi. Namun, perlu diakui bahwa keterampilan bersosialisasi, empati, dan pemahaman yang ada di guru sangat diperlukan untuk menciptakan generasi muda yang berpengetahuan luas dan percaya diri secara emosional.

6. Petugas Kesehatan

Dokter dan perawat juga masuk ke salah satu pekerjaan yang tidak dapat digantikan oleh robot. Pasalnya, profesi jasa yang satu ini dapat memberikan perawatan yang lebih baik. Selain itu, jasa yang diberikan dokter dan perawat akan membuat pasien merasa lebih dipahami, karena sesama manusia. 

7.  Pengasuh

Walaupun memang sudah ada robot yang diprogram untuk menjadi pengasuh bayi ataupun orangtua, tetapi peran pengasuh manusia tidak akan tergantikan. Pasalnya, orang-orang terutama lansia pastinya ingin diperhatikan oleh orang lain. Adapun biasanya orangtua membutuhkan pengasuh bukan karena mereka tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari seorang diri, melainkan karena mereka kesepian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper