Telkomsel Unggul Pengalaman Video, Indosat (ISAT) Jaringan Paling Konsisten

Rahmi Yati
Kamis, 13 Juli 2023 | 09:49 WIB
Ilustrasi konentivitas internet/unsplash
Ilustrasi konentivitas internet/unsplash
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Laporan terbaru Opensignal menunjukkan bahwa pengguna Telkomsel menikmati pengalaman seluler tercepat di Indonesia. Pengalaman tersebut juga membuat para pengguna makin nyaman dalam menonton video. 

Berdasarkan laporan per Juni 2023, Telkomsel telah mengalami peningkatan terbesar secara absolut sebesar 4,5Mbps (25,2%) dalam Pengalaman Kecepatan Unduhan. 

"Hasilnya, Telkomsel mengeklaim penghargaan Pengalaman Kecepatan Unduhan kali ini dengan kecepatan keseluruhan rata-rata 22Mbps," demikian dikutip dari laporan tersebut, Rabu (12/7/2023).

Bukan itu saja, Telkomsel juga dinilai tetap jadi pemenang penghargaan Pengalaman Kecepatan Unggah, dengan pengguna mencatat kecepatan unggah tercepat rata-rata 9,5Mbps, naik dari sebelumnya 8,2Mbps.

Telkomsel juga unggul dalam hal pengalaman menonton video dengan skor 60,4 dari 100. 

Sementara itu, pengguna XL Axiata diketahui lebih menikmati pengalaman bermain gim seluler multipemain. XL kembali mengalahkan persaingan dalam hal kualitas pengalaman dalam bermain game mobile multiplayer di Indonesia. 

Sedangkan pengguna 3 mengalami peningkatan penting dalam kecepatan seluler pasca penggabungan Indosat Ooredoo Hutchison.

Kecepatan unduh rata-rata 3 meningkat sebesar 30,8 persen, dari 11,7Mbps jadi 15,3Mbps. Demikian pula, pengguna 3 mengalami kemajuan besar dalam kecepatan unggah rata-rata, yang melonjak sebesar 31,1 persen dari 6,5Mbps jadi 8,5Mbps. 

Sementara Indosat memiliki pengalaman yang paling konsisten. Operator ini memenangkan penghargaan Kualitas Konsisten dengan skor 61,5 persen. 

Hal ini menunjukkan bahwa pengguna Indosat melihat proporsi pengujian terbesar yang memenuhi ambang batas minimum untuk mendukung aplikasi seluler yang lebih menuntut yang biasa digunakan, seperti panggilan video atau mengunggah gambar ke media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper