8 Virus dan Bakteri Zombie yang Bangkit Lagi Gara-gara Pemanasan Global

Mia Chitra Dinisari
Senin, 5 Juni 2023 | 19:09 WIB
Pandoravirus raksasa
Pandoravirus raksasa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ribuan tahun yang lalu, ada beberapa bakteri dan virus membeku di dalam lapisan permafrost prasejarah.

Terkunci di tanah Arktik yang dingin dan dasar sungai adalah dunia yang penuh dengan mikroba kuno.

Namun, dengan adanya pemanasan global saat ini dikhawatirkan bakteri dan virus itu akan kembali bangkit dan mengancam mahluk di bumi.

Itu karena suhu yang memanas dapat menyebabkan sebagian besar es mencair dan melepaskan mikroba ini dari penjara beku mereka.

Setelah bebas, patogen yang tidak diketahui dapat menginfeksi manusia atau hewan lain.

"Risiko pasti akan meningkat dalam konteks pemanasan global, di mana pencairan permafrost akan terus meningkat, dan lebih banyak orang akan menghuni Kutub Utara," Jean-Michel Claverie, ahli biologi komputasi di Universitas Aix-Marseille di Prancis yang mempelajari ilmu kuno dan virus eksotis.

Sejauh ini, para ilmuwan hanya mempelajari virus permafrost yang menginfeksi organisme bersel tunggal yang disebut amuba, karena virus ini tidak berbahaya dan memberikan model yang baik untuk virus lain yang mungkin bersembunyi di bawah es.

Berikut 8 virus zombie yang dikhawatirkan bangkit lagi karena global warming dilansir dari Livescience.

1. Pithovirus sibericum

8 Virus dan Bakteri Zombie yang Bangkit Lagi Gara-gara Pemanasan Global

Bagian dari partikel Pithovirus diamati dengan mikroskop elektron transmisi.

Pithovirus sibericum adalah salah satu virus terbesar yang pernah ditemukan. Dengan panjang sekitar 1,5 mikrometer, seukuran bakteri kecil dan termasuk dalam kelompok yang dikenal sebagai "virus raksasa", yang merupakan virus DNA beruntai ganda yang (dengan beberapa pengecualian) terlihat di bawah mikroskop cahaya.

P. sibericum terlihat seperti oval berdinding tebal dengan bukaan di salah satu ujungnya dan ditutup oleh struktur gabus dan kisi-kisi seperti sarang lebah.

Para ilmuwan yang berburu patogen tak dikenal menemukan P. sibericum yang terletak jauh di dalam inti permafrost Siberia kuno yang diekstraksi pada tahun 2000 dari Kolyma, di Timur Jauh Rusia.

Mereka menghidupkan kembali virus berumur 30.000 tahun dengan memaparkan sampel permafrost ke amuba, yang merupakan satu-satunya inang P. sibericum yang diketahui. (Virus ini tidak berbahaya bagi manusia dan hewan lainnya.)

Para peneliti menamai virus itu dari kata Yunani "pithos", yang mengacu pada wadah besar, atau amphora, yang digunakan oleh orang Yunani kuno untuk menyimpan anggur dan makanan. Mereka mempublikasikan hasilnya dalam studi tahun 2014 di jurnal PNAS.

2. Molivirus sibericum

8 Virus dan Bakteri Zombie yang Bangkit Lagi Gara-gara Pemanasan Global

Mollivirus sibericum ditemukan membeku dalam sampel permafrost Siberia berusia 30.000 tahun yang sama dengan P. sibericum.

Partikel M. sibericum lebih kecil daripada partikel P. sibericum (panjangnya 0,6 hingga 1,5 mikrometer) — tetapi mereka juga terlihat di bawah mikroskop cahaya dan memenuhi syarat sebagai virus raksasa.

Virus berbentuk bulat kasar ini dikelilingi oleh lapisan pelindung berbulu dan dapat memproduksi dan melepaskan 200 hingga 300 partikel virus baru dari setiap amuba yang diinfeksinya.

Meskipun M. sibericum tidak menimbulkan bahaya bagi manusia dan hewan lain, penemuan dua virus purba dalam satu sampel menunjukkan bahwa patogen yang tidak aktif mungkin sering bersembunyi di permafrost, para peneliti memperingatkan dalam sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal PNAS.

3. Mammoth pithovirus

8 Virus dan Bakteri Zombie yang Bangkit Lagi Gara-gara Pemanasan Global

Pithovirus mammoth adalah strain kedua Pithovirus yang tercatat dan diisolasi dari rumpun wol mammoth berusia 27.000 tahun yang membatu yang digali di tepi Sungai Yana di Timur Jauh Rusia.

P. mammoth memiliki partikel besar dan memanjang yang berukuran panjang 1,8 mikrometer dan menampilkan struktur seperti gabus yang mirip dengan P. sibericum. Amuba adalah satu-satunya inangnya.

P. mammoth digambarkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan awal tahun ini. Penelitian itu mengidentifikasi 13 virus "zombie" yang dihidupkan kembali dari permafrost Siberia, tiga di antaranya — P. mammoth, Megavirus mammoth, dan Pandoravirus mammoth — ditemukan dalam sampel prasejarah yang sama yang mengandung wol mammoth.

4. Pandoravirus raksasa

8 Virus dan Bakteri Zombie yang Bangkit Lagi Gara-gara Pemanasan Global

P. mammoth adalah jenis virus dari keluarga Pandoraviridae, yang merupakan sebagian besar virus yang hidup kembali dari permafrost.

Pandoravirus adalah virus raksasa yang menginfeksi amuba, yang memiliki partikel besar berbentuk amphora berukuran panjang hingga 1,2 mikrometer.

Para peneliti menemukan P. mammoth dalam sampel beku wol mammoth berusia 27.000 tahun dari tepi sungai Yana dan dalam isi perut mammoth yang membatu berusia 28.600 tahun di Kepulauan Lyakhovsky di lepas pantai timur laut Rusia.

Tim memaparkan strain Pandoravirus yang baru ditemukan ke kultur amuba, serta sel manusia dan tikus, yang merupakan standar.

Dari patogen yang dibangkitkan dari gumpalan wol mammoth hingga partikel yang bersembunyi di usus serigala Siberia yang membatu, berikut adalah delapan virus yang telah ditarik para ilmuwan dari permafrost.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper