8 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang Berusia 4.900 Tahun

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 4 Juni 2023 | 09:11 WIB
metusalah bristlecone/
metusalah bristlecone/
Bagikan

6. Cemara botak BLK 227 (berusia minimal 2.624 tahun)

Pada 2019, para peneliti mengumumkan penemuan cemara botak berusia 2.624 tahun (Taxodium distichum). Pohon tanpa nama ini adalah pohon hidup tertua yang diketahui di Amerika Utara bagian timur. Itu terletak di suatu tempat di sepanjang Sungai Hitam Carolina Utara, anak sungai dari Sungai Cape Fear. Seperti banyak pohon tua lainnya, lokasi persisnya belum diungkapkan.

Peneliti menemukan pohon lain yang berumur lebih dari 2.000 tahun di wilayah yang sama. Mereka mengambil sampel inti hanya dari sebagian kecil pohon di wilayah tersebut – yang berarti pohon cemara gundul yang lebih tua mungkin ada di daerah tersebut.

7. CB-90-11 (minimal 2.435 tahun)

Pinus bristlecone Rocky Mountain (Pinus aristata) tidak dianggap berumur panjang seperti kerabat Great Basin mereka, tetapi mereka masih dapat mencapai usia yang sangat lanjut.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 1992 memberikan bukti bahwa pohon-pohon ini dapat hidup setidaknya selama 2.500 tahun. Tim melihat pepohonan di Black Mountain dan Almagre Mountain di Colorado.

Mereka menemukan 12 pohon pinus bristlecone Rocky Mountain berumur lebih dari 1.600 tahun dan empat pohon berumur lebih dari 2.100 tahun. CB-90-11 adalah yang tertua yang teridentifikasi, dengan usia minimal 2.435 tahun.

8. Qilian juniper tanpa nama (2.230 tahun)

Pada tahun 2019, para peneliti mengidentifikasi pohon tertua di Tiongkok — juniper Qilian (Juniperus przewalskii) di Delingha, provinsi Qinghai, yang berusia 2.230 tahun pada tahun 2009. Itu adalah salah satu dari 98 pohon terdokumentasi yang berusia lebih dari 1.000 tahun di Tiongkok.

Pohon tertua di Cina cenderung ditemukan di daerah pegunungan terpencil di mana mereka mungkin lebih terlindungi dari ancaman seperti penebangan dan kebakaran hutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper