Bill Gates: AI dapat Ajari Anak Membaca dalam 18 Bulan

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 25 April 2023 | 14:18 WIB
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Menurut salah satu pendiri Microsoft  Bill Gates, chatbot kecerdasan buatan dapat mengajari anak-anak membaca dalam waktu kurang dari 18 bulan.

Bill Gates yakjn AI akan mendapatkan  kemampuan untuk menjadi tutor sebaik manusia mana pun.

Gates menambahkan bahwa chatbot AI generasi saat ini seperti ChatGPT viral OpenAI dan Bard Google memiliki kefasihan yang luar biasa dalam membaca dan menulis,  dan akan segera membantu mengajar siswa untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh teknologi di masa lalu. .

"Pada awalnya, Anda akan sangat terkejut dengan betapa membantunya membaca menjadi asisten peneliti membaca dan memberi Anda umpan balik tentang menulis," Gates berkata.

Dia mencatat bagaimana mengajar komputer cara menulis sangat sulit di masa lalu. Ketika guru biasanya memberikan masukan tentang tulisan, mereka melihat bagaimana narasi dijalin dan seberapa jelas prosanya, sebuah "latihan kognitif tinggi" yang menurut Gates "sulit" untuk ditiru oleh pengembang dalam kode.

Chatbot AI seperti ChatGPT semakin pintar setiap tahun dengan kemampuan meringkas teks dan bahkan memberikan masukan pada berbagai teks. Alat AI semacam itu juga mampu menulis seluruh esai, tetapi rentan membuat kesalahan faktual.

"Jika Anda hanya mengambil 18 bulan ke depan, AI akan datang sebagai asisten guru dan memberikan umpan balik untuk menulis," kata Gates.

"Dan kemudian mereka akan meningkatkan apa yang bisa kita lakukan dalam matematika."
Tambah Gates.

Dia menambahkan bahwa dia secara teratur bertanya kepada pengembang AI Microsoft mengapa chatbot AI tidak dapat melakukan perhitungan, menyadari bahwa AI membutuhkan kemampuan penalaran yang lebih baik untuk menangani perhitungan matematika yang rumit.

Meski begitu, dia yakin teknologinya akan meningkat pesat dalam dua tahun. Dengan cara ini, ini akan membuka jalan baru bagi siswa untuk belajar melalui alat AI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper