Profil dan Karir Sam Altman, CEO OpenAI dan Pencipta ChatGPT

Rahmi Yati
Jumat, 24 Februari 2023 | 13:18 WIB
Warga menunjukan aplikasi ChatGPT di Jakarta, Jumat (10/2/2023). Bisnis/Abdurachman
Warga menunjukan aplikasi ChatGPT di Jakarta, Jumat (10/2/2023). Bisnis/Abdurachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sam Altman merupakan salah satu sosok paling penting di balik kesuksesan ChatGPT dan OpenAI. Chatbot berbasis artificial intelligence (AI) itu memang tengah ramai jadi perbincangan publik.

Sam Altman dikenal sebagai CEO OpenAI, perusahaan riset yang memiliki tujuan mengembangkan dan mengarahkan kecerdasan buatan untuk membantu kebutuhan manusia, salah satunya ChatGPT.

Dikutip dari Bloomberg, Jumat (24/2/2023), Sam Altman memiliki nama lengkap Samuel H. Altman. Dia lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, pada 22 April 1985.

Sam dibesarkan di St. Louis, Missouri, serta mulai belajar dan mengenal dunia komputer sejak berusia delapan tahun.

Dia kemudian bersekolah di John Burroughs School, St. Louis dan melanjutkan kuliah jurusan ilmu komputer di Stanford University. Sayangnya, Sam hanya bertahan dua tahun dan di drop out pada 2005.

Selanjutnya Sam mulai membangun usahanya sendiri dengan mendirikan beberapa perusahaan teknologi. Dia bahkan jadi salah satu pendiri dan mantan CEO Loopt, salah satu pendiri Hydrazine Capital, mantan presiden Y Combinator,  serta salah satu pendiri sekaligus CEO OpenAI.

Profil dan Karir CEO OpenAI dan Pencipta ChatGPT Sam Altman:

Mendirikan Loopt

Pada 2005, Sam Altman ikut jadi salah satu pendiri Loopt, perusahaan start up yang membuat aplikasi selular jejaring sosial berbasis lokasi.

Selama jadi CEO Loopt, Sam berhasil mengumpulkan dana ventura lebih dari US$30 juta. Namun, Loopt kurang mendapat daya tarik, sehingga terpaksa tutup pada 2012.

Mendirikan Hydrazine Capital

Pada 2012, Sam Altman jadi salah satu pendiri Hydrazine Capital, firma modal ventura yang berbasis di San Fransisco, AS. Firma ini berinvestasi pada ilmu pengetahuan, pasar, big data, jaringan konsumen, perangkat lunak, dan perangkat keras.

Mantan Presiden Y Combinator (YC)

Karier Sam Altman berlanjut pada 2014. Dia menggantikan salah satu pendiri YC, Paul Graham sebagai presiden perusahaan inkubator bagi banyak start up di dunia tersebut.

Pada 2016, Sam memperluas unit bisnis YC dengan membangun YC Continuity dan YC Research. Lalu pada 2019, Sam memilih mengundurkan diri sebagai Presiden YC Group.

Mendirikan OpenAI

Pada 2015 atau ketika masih jadi Presiden YC Group, Sam Altman melibatkan diri dalam pendirian OpenAI, perusahaan riset dan kecerdasan buatan.

Sam Altman akhirnya dipilih jadi CEO OpenAI. Bersamanya terdapat beberapa petinggi-petinggi lain, seperti Greg Brockman (CTO), Ilya Sutskever (Direktur Riset), Trevor Blackwell, John Schulman, Vicki Cheung, Wojciech Zaremba, Andrej Karpathy, Pamela Vagata, Druk Kingma, dan Elon Musk yang mulai 2018 menjabat sebagai Co-chair bersama Sam.

Sam juga jadi salah satu pencetus ChatGPT yang kini digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia untuk menjawab percakapan ringan hingga menulis artikel dan esai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper