Jangan Pakai 'Bismillah', Ini Deretan Password Medsos yang Mudah Dibobol

Restu Wahyuning Asih
Kamis, 5 Januari 2023 | 14:21 WIB
Kejahatan online/Ilustrasi-mirror.co.uk
Kejahatan online/Ilustrasi-mirror.co.uk
Bagikan

1Tips buat password anti hacker

Untuk melindungi media sosial Anda dari hacker, coba gunakan password yang rumit dan tidak mudah ditebak oleh hacker.

National Cyber Security Center (NCSC) yang merupakan bagian dari Government Communications Headquarters memberikan tips membuat sandi anti jebol untuk media sosial. Salah satu tipsnya yakni tiga kata acak.

Password tersebut dinilai jauh lebih baik daripada membuat variasi huruf, angka, dan simbol yang rumit.

Menurut mereka, sistem tiga kata menciptakan kata sandi yang mudah diingat. Selain itu, ini menciptakan kombinasi huruf yang tidak biasa, yang berarti sistemnya cukup kuat untuk menjaga keamanan akun online dari penjahat dunia maya.

Sebaliknya, kata sandi yang lebih kompleks tidak efektif karena susunannya sering kali dapat ditebak oleh penjahat menggunakan perangkat lunak khusus.

Badan tersebut mengatakan penjahat dunia maya menargetkan strategi yang dapat diprediksi yang dimaksudkan untuk membuat kata sandi lebih kompleks. Contohnya termasuk mengganti huruf O dengan nol, atau angka satu dengan tanda seru.

Meskipun tiga kata acak tidak 100% aman karena orang mungkin menggunakan kombinasi kata yang dapat diprediksi, tetapi mengatakan keuntungan utama dari sistem ini adalah kegunaannya "karena keamanan yang tidak dapat digunakan tidak berfungsi".

Kejahatan dunia maya telah melonjak selama pandemi, dengan penipuan online meningkat 70% selama setahun terakhir, menurut data dari Kantor Statistik Nasional.

"Saran kata sandi tradisional yang menyuruh kita untuk mengingat banyak kata sandi yang rumit adalah hal yang bodoh. Ada beberapa alasan bagus mengapa kami memutuskan pendekatan tiga kata acak paling tidak karena mereka membuat kata sandi yang kuat dan lebih mudah diingat," kata direktur teknis NCSC, Dr Ian Levy, di situs web pusat tersebut dilansir dari Guardian.

Dia mengatakan dengan mengikuti saran ini, orang akan jauh lebih rentan terhadap penjahat dunia maya dan saya mendorong orang untuk memikirkan kata sandi yang mereka gunakan di akun penting mereka, dan mempertimbangkan pengelola kata sandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper