Dongkrak Daya Saing, Practicum Hadirkan Indonesia Tech Summit 2022

Kahfi
Senin, 12 Desember 2022 | 16:19 WIB
Pembukaan Indonesia Tech Summit 2022/Practicum
Pembukaan Indonesia Tech Summit 2022/Practicum
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Sebagai upaya pemulihan ekonomi, saat ini Pemerintah Indonesia berfokus dalam meningkatkan pemanfaatan teknologi digital. Mendukung fokus Pemerintah tersebut, Practicum Indonesia menghadirkan ‘Indonesia Tech Summit 2022’ yang diselenggarakan di K-Link Tower, Jakarta Selatan.

Kegiatan itu mengangkat tema “Roadmap to 2 Million IT Professionals” yang menargetkan 750 partisipan. Sebagai bentuk nyata Practicum mendukung upaya Pemerintah, Indonesia Tech Summit 2022 secara resmi dibuka langsung oleh Sandiaga Uno selakuMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Acara itu turut menghadirkan 15 pembicara ahli di bidang teknologi dan digital dari berbagai institusi baik Pemerintahan, swasta dan juga akademik.

Selaku Chairman dari Indonesia Tech Summit 2022, Putra Nasution yang juga merupakan Marketing Director of Practicum Indonesia dalam opening ceremony mengatakan bahwa Indonesia Tech Summit 2022 ini dilaksanakan sebagai upaya mendukung Pemerintah dalam meningkatkan daya saing dan pemanfaatan digital.

“Pemerintah Indonesia menyusun Digital Indonesia Roadmap 2021-2024 lalu untuk mendukung Indonesia Emas 2045 sebagai negara yang berdaulat, maju, dan sejahtera. Dalam roadmap tersebut, ada empat pilar utama untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, yang salah satunya adalah pengembangan sumber daya manusia dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” terang Putra Nasution, dikutip dari siaran pers, Senin (12/12/2022).

Melalui kegiatan Indonesia Tech Summit 2022, Practicum mengharapkan dapat mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang lebih berkualitas sebagai komponen utama dalam Industrial Revolution 4.0

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari penuh ini, Practicum mengangkat tiga topik utama yang selaras dengan tema, yaitu Pentingnya Transformasi Digital dalam Industri di Indonesia, Solusi Bagaimana Mengembangkan Keterampilan, serta Bagaimana Berkarir di Bidang IT dengan Perkembangan yang Cepat, Gaji Tinggi, dan Prospek Karir yang Cerah.

Ketiga topik yang dituangkan ke dalam konsep diskusi panel. Pada diskusi panel pertamanya, Indonesia Tech Summit 2022 membahas mengenai transformasi digital akan mengubah Indonesia dan persiapan yang dibutuhkan Indonesia untuk menyediakan tenaga kerja di bidang digital.

Para narasumber memberikan beberapa solusi dan memaparkan kebutuhan tenaga kerja digital di Indonesia. Selanjutnya Practicum membahas mengenai pentingnya memperbarui skill untuk menghadapi era digital.

Practicum juga akan menjadi wadah untuk melahirkan talenta teknologi digital yang siap bersaing bahkan sampai ke luar negeri. Lalu diskusi akan ditutup dengan pembahasan mengenai jenis profesi baru yang akan muncul dan benefit yang didapatkan.

Practicum sendiri merupakan IT online bootcamp yang hadir di Indonesia sejak 2022. Berorientasi pada praktik, Practicum Indonesia menyediakan platform dan metode pembelajaran interaktif dalam bidang Web Developer, Data Analyst, dan Data Scientist, yang diharapkan dapat mempersiapkan dan menciptakan lulusan terampil di bidang digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper