Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ternyata Karyawan TikTok Bisa Akses Data Pengguna dari Jarak Jauh, Kok Bisa?

Ternyata beberapa karyawan TikTok diberi izin untuk bisa mengakses data pengguna dari jarak jauh.
Hesti Puji Lestari
Hesti Puji Lestari - Bisnis.com 07 November 2022  |  15:37 WIB
Ternyata Karyawan TikTok Bisa Akses Data Pengguna dari Jarak Jauh, Kok Bisa?
TikTok bisa melihat data penggunanya.
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Pengguna TikTok bisa waswas sejak sekarang sebab ternyata karyawan perusahaan tersebut bisa mengakses data pengguna dari jarak jauh.

Tak dapat dipungkiri jika TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Namun di balik pesonanya, ada bahaya yang mengintai. Dilansir dari BBC, TikTok sendiri telah mengonformasi jika mereka memberikan izin beberapa karyawan mengakses data pengguna dari jarak jauh.

Elaine Fox, kepala privasi platform untuk Eropa, mengatakan bahwa tim global membantu menjaga pengalaman pengguna tetap "konsisten, menyenangkan, dan aman".

"Upaya kami berpusat pada pembatasan jumlah karyawan yang memiliki akses ke data pengguna Eropa, meminimalkan aliran data di luar kawasan, dan menyimpan data pengguna Eropa secara lokal," katanya.

Meski demikian, hanya sembilan negara yang data penggunanya bisa diakses oleh beberapa karyawan TikTok.

Kesembilan negara yang dimaksud adalah Brasil, Kanada, Cina, Israel, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Mengacu pada masalah ini, Amerika Serikat tengah melakukan penyelidikan lanjutan tentang ketentuan data dan privasi yang ditetapkan TikTok.

Jika aplikasi ini benar-benar menyalahi aturan, maka pemerintah AS tidak segan-segan melarang TikTok beredar di wilayah mereka.

Beberapa anggota parlemen Inggris sudah beramai-ramai menghapus akun TikTok mereka setelah ada seruan soal kebocoran data.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

TikTok aplikasi amerika serikat
Editor : Hesti Puji Lestari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top